POLITIK

Wakil Rakyat Kaltim Minta Pemerintah Fokus Perhatikan Pembangunan

Anggota Pansus LKPJ DPRD Kaltim Sutomo Jabir. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Anggota Panitia Khusus (Pansus) Pembahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) DPRD Kaltim Sutomo Jabir menyoroti permasalahan infrastruktur antarwilayah yang dinilai masih timpang. Melihat hal itu, secara tegas Sutomo meminta pemerintah fokus memperhatikan pembangunan antarkabupaten/kota.

Demi mengurangi ketimpangan pembangunan, secara terperinci pemerintah diminta memperhatikan pembangunan infrastruktur. Seperti jalan yang notabene menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

“Lalu ada masalah pemerataan infrastruktur antarwilayah. Kami melihat ada kesenjangan yang cukup besar. Pemerintah harus lebih fokus memperhatikan pembangunan yang ada di kabupaten/kota,” sebut Sutomo Jabir, Senin (3/5/2021).

Adapun dari permasalahan itu, dirinya mendorong Pemprov Kaltim bisa memilah tanggung jawab dan menentukan skala prioritas. Sutomo tidak ingin Pemprov Kaltim malah mengambil tanggung jawab pusat yang justtu akan memberatkan Pemprov Kaltim sendiri.

“Misalnya pembangunan flyover, jalan layang, atau jembatan yang ada dan perlintasan jalan nasional, sebaiknya tidak dibangun dengan dana APBD. Tetapi harus diupayakan untuk mendapatkan anggaran dari APBN,” terangnya.

Terlebih di wilayah utara Kaltim seperti di Bontang, Kutim, dan Berau, hingga saat ini membutuhkan adanya pembangunan sarana pelayanan kesehatan yang memadai. Untuk memudahkan layanan kesehatan di wilayah, ujar dia, ada baiknya Pemprov Kaltim membangun satu RSUD yang setingkat seperti RSUD AW Sjahranie di Samarinda.

Hal tersebut ditujukan agar menciptakan pemerataan pelayanan kesehatan serta mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat yang memadai. Sehingga masyarakat di pelosok tidak mesti ke Samarinda atau Balikpapan hanya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bagus.

“Untuk tipe atau kelas dari RSUD, itu terserah pemerintah saja. Yang paling penting, ada rumah sakit yang memadai yang memiliki kualitas seperti yang ada di perkotaan (misalnya RSUD AW Sjahranie yang ada di Samarinda),” tandas Sutomo. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top