METROPOLIS

Wabup Kutai Kartanegara Sebut Tren Kasus Covid-19 Tak Semasif Dahulu

Wabup Kukar Rendi Solihin saat memaparkan penanganan Covid-19 di Kukar, di hadapan Gubernur Kaltim dan rombongan. (Foto: Dan/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Kukar Rendi Solihin menyatakan, jumlah penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 per April 2021, trennya sudah tidak semasif pada Januari-Februari 2021. Karena program Vaksinasi Covid-19 terus dilakukan oleh Pemkab Kukar.

Hal ini disampaikannya saat memaparkan penanganan Covid-19 yang sudah dilakukan pemerintah kabupaten (Pemkab) di hadapan Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen Heri Wiranto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Kamis (6/5/2021) siang.

“Vaksinasi dilaksanakan di 38 faskes di Kukar, ada di RS, Puskesmas, Klinik TNI dan Polri. Cakupannya juga sudah cukup tinggi tembus 37,5 persen dari target sasaran, ” ucap Rendi mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah.

Dia melanjutkan, program vaksinasi sudah menjangkau kelompok tertentu, dari nakes, TNI dan Polri, ASN serta tokoh masyarakat. Dalam jangka waktu tidak lama lagi, akan menyasar masyarakat umum.

“Kami minta doanya, agar vaksinasi berjalan sukses dan lancar di Kukar,” ucapnya.

Selain itu, program antisipasi juga sudah dilakukan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo dengan membentuk Kampung Tangguh dan RT Sigap. Yang dilaksanakan di beberapa kawasan tertentu, dengan bekerja sama jajaran Polres Kukar dan Dandim Tenggarong, serta lintas OPD lainnya.

“Banyak sudah terbentuk RT Sigap serta kampung tangguh dibeberapa kecamatan seperti Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu,” ucap mantan anggota DPRD Kukar ini.

Dengan upaya yang sudah dilakukan Pemkab Kukar menurut Wabup Rendi, melalui Satgas Covid-19 Kukar, zona rawan penyebaran atau zona merah sudah makin sedikit, dan meningkat untuk kawasan zona hijau.

Mendengarkan paparan Rendi, Gubernur Isran tidak ragu dari apa yang disampaikan Pemkab Kukar, dalam penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing.

“Saya percaya Pemkab Kukar sudah berhasil penanganan Covid-19. Saya sudah melihat secara langsung, di RT Sigap yang ada di Desa Rempanga Loa Kulu, dan Kampung Tangguh di Desa Sumber Sari, yang juga masuk wilayah Kecamatan Loa Kulu, ” ucap Gubernur. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top