POLITIK

Bapemperda DPRD Kaltim Resmi Menarik Raperda Limbah B3

Ketua Bapemperda DPRD Kaltim Jawad Sirajuddin. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kaltim resmi menarik usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) dari Program Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2021.

Ketua Bapemperda DPRD Kaltim Jawad Sirajuddin turut mengungkapkan, penarikan usulan Raperda tersebut dilakukan pemprov untuk lebih menyesuaikan dengan aturan yang lebih tinggi. Yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Yang diketahui, pemerintah pusat telah menghapus limbah batu bara dari kategori limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

“Bapemperda itu awalnya kurang lebih 15 raperda, karena penarikan dari pemprov jadi tinggal 13. Kalau pun kenapa pemprov menarik memang karena ada pertentangan dengan aturan yang lebih tinggi. Yang pertama raperda penyelenggaraan pemerintah berbasis teknologi komunikasi dan informasi (TIK), kedua Raperda tentang limbah B3,” urainya, Sabtu (1/5/2021).

Jawad juga menilai pencabutan kedua raperda tersebut memang belum pernah dibahas oleh DPRD Kaltim. Terlebih saat ini raperda itu baru dalam tahap pelaporan kepada Bapemperda.

“Sehingga kita harus menyampaikan khalayak ramai bahwa ada pencabutan,” terang legislator Fraksi PAN tersebut.

Adapun Jawad kembali menerangkan, ke depan pihak Bapemperda DPRD Kaltim bersama Pemprov Kaltim akan melalukan revisi dan perbaikan kembali terhadap isi draf Raperda limbah B3. Tujuan dari revisi aturan itu agar nantinya berguna untuk masyarakat.

“Intinya Perda dibuat di Kaltim itu kan supaya dirasakan oleh masyarakat Kaltim dan berguna seluas-luasnya. Dan saya kira langkah yang bijak bagi pemprov kalau dicabut, daripada nanti dipaksanakan tapi tidak maksimal,” pungkas legislator Dapil Samarinda ini. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top