METROPOLIS

Tingkatkan Kinerja ASN, Pemkab Kukar Maksimalkan Layanan Administrasi Kepegawaian

Paparan renstra BKPSDM Kukar, untuk RPJMD Kukar periode 2021-2026. (Foto: dan)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id Sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap aparatur sipil negara (ASN) di Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengurai persoalan yang dialami. Guna memberikan solusi untuk pembangunan, dengan targetnya untuk meningkatkan kinerja ASN Kukar.

“Kukar memiliki 13.514 PNS, tadi masih disindir memiliki kinerja yang minim,” ucap Kabid Kompetensi Aparatur BKPSDM Kukar Dahlan, saat papar Rencana strategis (Renstra) program BKPSDM Kukar, belum lama ini.

Dahlan menyebut, kewenangan yang ada di BKPSDM mencakup urusan kepegawaian, pendidikan dan pelatihan. Yang diaplikasikan melalui program kepegawaian dan pengembangan SDM.

Untuk urusan kepegawaian, kata dia, pihaknya melakukan proses pengangkatan dan pemberhentian pegawai, mutasi dan promosi jabatan, pengembangan kompetensi dan evaluasi kinerja aparatur. Sedangkan urusan diklat, lebih mengarah pengembangan kompetensi, sertifikasi pegawai dan memaksimalkan kelembagaan manajerial.

“Problem-nya di bidang kepegawaian, penilaian masih sebatas dinilai hanya formalitas saja, ” ucapnya.

Paparan renstra BKPSDM Kukar, untuk RPJMD Kukar periode 2021-2026.(dan)

Selain itu, masalahnya pejabat berjenjang yang memberi penilaian belum melakukan penilaian secara objektif. Selain itu, belum maksimal PP nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai.

“Pemberian reward and punishment dan kompetensi belum berjalan maksimal. Program pengembangan profesi juga harus sesuai dengan analis pengembangan profesi, ” ucapnya.

Dahlan pun memberikan solusi bagaimana program pemantapan pegawai yang bersih efektif dan efisien dapat berjalan dengan baik. Selain itu ada penilaian profesional ASN dalam waktu dekat ini. Sebagai salah satu terobosan untuk meningkatkan kinerja ASN Kukar. Dengan memaksimalkan layanan administrasi kepegawaian.

“Tidak lupa juga, BKPSDM akan tingkatkan kualitas layanan administrasi kepegawaian, ” pungkasnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top