METROPOLIS

Disdikbud Kutai Kartanegara Menuju Layanan Pendidikan Berkualitas

Plt Kadisdikbud Kukar Slamet Hadi Raharjo.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar dalam lima tahun ke depan telah memiliki rencana strategis (Renstra). Yaitu meningkatkan kualitas pendidikan dari segi layanan akses pendidikan sampai pada tingkat mutu pendidikan.

“Kualitas layanan pendidikan ada standarnya, lingkup standar pelayanan minimal dan standar nasional pendidikan,” ucap Plt Kepala Disdikbud Kukar, Slamet Hadi Raharjo, Senin (3/5/2021) di ruang kerjanya.

Dikatakan, untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan bagian penunjang kualitas pendidikan bagi anak. Namun masih banyak masyarakat yang tidak mau anaknya dimasukan ke PAUD.

“Masalah kurang berkembangnya PAUD di Kukar dari berbagai sebab. Dari jarak yang jauh, faktor sosial ekonomi serta tidak tersedianya lembaga pembelajaran PAUD di tingkat desa,” paparnya.

Ke depannya juga menurut Slamet, sarana dan prasarana pendukung bisa memenuhi aspek standar layanan terbaik akan dipenuhi oleh Disdikbud.

“Masih ada sekolah yang belum memiliki laboratorium, perpustakaan, toilet dan UKS. Kompetensi guru yang masih rendah juga akan ditingkatkan,” sebutnya.

Disdikbud akan menindaklanjuti visi dan misi Bupati Edi Damansyah dan Wabup Rendi Solihin. Untuk bidang pendidikan, yaitu program mewujudkan seribu guru sarjana, program penyaluran beasiswa Idaman, hingga mewujudkan program Kukar Berdaya Saing.

“Ada juga program Gerakan Etam Mengaji, yang ini juga akan diwujudkan,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Edi Damansyah memastikan program yang disampaikan Disdikbud sebagai persiapan penyusunan RPJMD Kukar periode 2021-2026.

“Komitmen kami membenahi bidang pendidikan, agar masyarakat bisa sejahtera. Dan kami berharap unsur pendidikan di Kukar harus mendukungnya secara penuh, ” tegas Edi. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top