POLITIK

Wakil Ketua DPRD Kaltim Dorong Perguruan Tinggi Dilibatkan Bangun Ibu Kota Negara

Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo.

SAMARINDA, Kate.id – Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo mendorong pemerintah melibatkan perguruan tinggi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Sebagai unsur pimpinan DPRD Kaltim, Sigit mengatakan pihaknya akan fokus memberikan rekomendasi tersebut kepada pemerintah pusat dan daerah.

“Ini menjadi topik menarik dalam perencanaan nasional baik dari sudut ekonomi, infrastruktur hingga Sumber Daya Manusia (SDM),” urai Ketua DPW PAN Kaltim tersebut, Jumat (23/4/2021).

“DPRD Kaltim juga intens meyikapi persiapan Kaltim dalam menghadapi pembangunan Ibu Kota Negara baru. Untuk itu salah satu fokus DPRD Kaltim adalah memberikan masukan dan rekomendasi kepada pemerintah pusat dan daerah,” tambahnya.

Diketahui, Kaltim adalah wilayah yang akan dijadikan IKN Republik Indonesia yang baru. Keputusan tersebut diumumkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 26 agustus 2019 silam di Istana Negara Jakarta.

Melihat hal itu Sigit menegaskan jika diperlukan perencanaan yang matang dengan melibatkan perguruan tinggi, khususnya yang berada di Kaltim.

Dengan pelibatan tersebut, DPRD Kaltim akan fokus mengawal perencanaan serta tahapan guna menyiapkan SDM daerah yang unggul.

Namun ketika kurangnya peningkatan kualitas masyarakat lokal, dirinya khawatir akan menyebabkan gagal bersaingnya warga lokal dengan pendatang. Terlebih Sigit menjelaskan jika masalah itu berpotensi menimbulkan konflik sosial.

Oleh karenanya, pembangunan SDM Kaltim diharapkan Sigit harus menjadi proritas utama guna menghadapi pembangunan IKN.

“Salah satunya adalah mendorong pentingnya keterlibatan perguruan tinggi di Kaltim untuk terlibat langsung dalam proses pembangunan IKN,” tegasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top