METROPOLIS

Pemkab dan Forkopimda Kutai Kartanegara Gelar Apel Kebangsaan

Apel Kebangsaan antara Forkopimda dan perwakilan ormas, orsu dan orgama. (Foto: Dan/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar apel kebangsaaan, Senin (26/4/2021). Bertempat di Kedaton Kesultanan Kutai Ing Martadipura, apel kebangsaan dilakukan bersama tokoh masyarakat, perwakilan organisasi kesukuan, organisasi agama, dan organisasi masyarakat.

Selain Apel, dirangkai juga pembacaan ikrar hidup damai dan cinta NKRI. Apel dan pembacaan ikrar perdamaian juga disaksikan Sultan Kutai Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin Prabo. Tujuannya demi mencegah konflik terjadi di masyarakat, sehingga kemajemukan dan pembinaan antarsuku, dan antaragama terus dibina oleh Pemkab Kukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyebut Kukar sebagai miniatur Indonesia. Di Kukar terdapat 22 suku besar ada di Kukar, dengan beragam etnis yang sifat-sifatnya pasti berbeda satu dengan lainnya.

“Karena banyak suku di Kukar, seperti ini rawan konflik antar masyarakat,” ucap Edi.

Dia juga mengharapkan kepada masyarakat yang ada di 18 Kecamatan, untuk sama-sama mencegah terjadi ancaman gerakan terorisme dan radikalisme. Dua paham tersebut sengaja dihembuskan untuk mengganti ideologi pancasila.

“Konsep bernegara dengan pancasila sudah final, jangan diutak-atik lagi demi kepentingan yang tidak bertanggung jawab oleh oknum tertentu,” ucapnya.

Edi yang memimpin pembacaan ikrar bersama tersebut memploklamirkan bahwa pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia. Masyarakat Kukar siap menjalankan amanat UU 1945, serta siap menjaga keutuhan NKRI dan menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika.

“Kami menolak tegas paham Radikalisme,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting mengatakan, apel kebangsaan sebagai bagian merawat Bhineka Tunggal Ika di Kukar agar Kukar makin kondusif.

“Kadang masyarakat membaca info yang tidak benar atau hoaks, akhirnya terpancing dengan situasi yang tidak kondusif akhirnya menggangu Kamtibmas yang sudah damai,” ujar Kapolres. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top