POLITIK

Tindak Lanjuti Temuan BPK, DPRD Kaltim Bakal Tinjau Aset Milik Daerah

Kunjungan Pansus Aset dan BMD DPRD Kaltim ke Kemendagri Beberapa Waktu Lalu. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pengelolaan Aset dan Barang Milik Daerah (BMD) DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry mengatakan pekan depan pihaknya akan melakukan tinjauan terhadap 10 kabupaten/kota se-Kaltim. Tinjauan bertujuan menindaklanjuti temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kaltim terkait persoalan aset di daerah.

Hal itu dikarenakan setiap tahun BPK selalu memberikan laporan atas kinerja pemerintah provinsi. Dalam hal ini persoalan aset adalah masalah yang selalu menjadi catatan untuk segera dilakukan perbaikan.

“Hasil konsultasi Pansus Aset ke BPK Perwakilan Kaltim, memberi catatan dan saran soal temuan serta rekomendasi BPK selama ini terkait aset agar dipelajari dan ditindaklanjuti,” ucapnya, Selasa (20/4/2021).

Seperti contohnya aset Pemprov Kaltim yang dikuasai pihak lain. Serta aset yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga namun hasil keuntungan yang diperoleh tidak sesuai.

Lalu kemudian aset yang dikelola Perusahaan Daerah (Perusda) namun tidak maksimal. Serta yang tidak terdata secara baik dan tanpa dilengkapi dokumen yang lengkap dan persoalan aset lainnya.

“Aset Kaltim itu tersebar di kabupaten kota se-Kaltim, makanya kami ada 16 orang anggota Pansus Aset berbagi tugas menjadi beberapa kelompok,” urainya.

Terlebih saat pihaknya melakukan tinjauan, dia berharap agar Pemerintah Kabupaten/Kota bersikap kooperatif dengan memberikan keterangan terkait lokasi aset Pemprov Kaltim yang berada di wilayahnya.

“Semoga dengan adanya regulasi terkait aset nantinya, pengelolaan aset Kaltim bisa lebih tersistem dan profesional baik mulai perencanaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan sampai pengendaliannya,” pungkasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top