POLITIK

Legislator Kaltim Sebut Permasalahan Tapal Batas Perlu Dituntaskan

Anggota Komisi I DPRD Kaltim Masykur Sarmian. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Anggota Komisi I DPRD Kaltim Masykur Sarmian menyebut masih ada beberapa daerah belum memiliki kejelasan terkait dengan tapal batas. Politisi dari Fraksi PKS tersebut menegaskan jika hal ini perlu dituntaskan karena menyangkut kedaulatan sebuah daerah.

Dengan ditunjuknya Provinsi Kaltim sebagai wilayah pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), Masykur mengungkapkan permasalahan tapal batas memang sangat perlu diperjelas. Terutama tapal batas antardaerah, terlebih untuk daerah yang berbatasan langsung dengan pusat lokasi pembangunan IKN.

“Oleh kerena itu, persoalan tapal batas ini harus segera selesai, jangan sampai Kaltim yang damai dan aman, diberikan penghormatan mendapatkan tempat sebagai IKN, nanti di kemudian hari muncul masalah-masalah karena batas wilayah belum jelas,” terang Masykur pada Senin (20/4/2021).

Seperti contohnya, perlunya kejelasan tapal batas wilayah antara Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) dan Kutai Barat (Kubar). Ditegaskan Masykur, kejelasan tapal batas daerah menurutnya akan berimplikasi terhadap sektor ekonomi, politik maupun keamanan di masing-masing daerah.

“Harapannya soal tapal batas tidak lama selesai antara Kukar dan Kubar, tidak ada masalah saya kira itu yang paling penting. Seperti wilayah Bongan (Kubar) dengan Muara Muntai Kukar, ini harus selesai,” urainya.

Diketahui bersama, DPRD Kaltim secara bertahap ingin menyelesaikan permasalahan tapal batas antar daerah. Pasalnya pembangunan gedung Istana Negara direncanakan akan dibangun pada bulan Agustus tahun ini, kemudian disusul Mabes Angkatan Udara, Angakatan Darat dan Laut bahkan Mabes Polri. Terkhusus, seluruh infrastruktur tersebut akan dibangun di wilayah Penajam Paser Utara (PPU) dan Kukar. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top