POLITIK

Ketua DPRD Kaltim Ingin Masalah Infrastruktur Jadi Perhatian Khusus

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK ingin permasalahan infrastruktur menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Seperti halnya sarana pendidikan serta pengadaan air bersih dan listrik yang sampai saat ini masih menjadi keluhan masyarakat.

Hal itu ia sampaikan seusai gelaran Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kaltim tahun 2019-2023 dan RKPD Kaltim tahun 2020 di Pendopo Etam, kompleks Kantor Gubernur Kaltim.

“Kan di sana ada tugas-tugas khusus seperti pendidikan tingkat SMA. Kemudian infrastruktur. Maksud saya, tujuannya yang diutamakan. Jangan sampai ke saya nanti seolah-olah ini pekerjaan gubernur terabaikan begitu,” sebutnya, Kamis (23/4/2021).

Terkhusus permasalahan ketersediaan listrik di pedalaman, Makmur mengungkapkan baru ada beberapa daerah yang sudah bisa menikmati itu. Seperti contohnya di Pulau Maratua, Kabupaten Berau.

Namun dia menilai masih banyak daerah yang belum teraliri listrik. Oleh karenanya selaku Ketua DPRD Kaltim, Makmur mengharapkan Pemprov Kaltim bisa memperhatikan kewajibannya demi membangun kabupaten/kota.

“Alhamdullilah, mulai tahun 2020 baru ada pemeliharaan. Tapi mohon maaf, saya ingatkan Pemprov untuk diperhatikan kewajiban-kewajibannya ini,” bebernya.

Terlebih Makmur juga menyoroti terkait pengalokasian Bantuan Keuangan (Bankeu), disebutkan dia, Bankeu juga perlu diperhatikan. Karena hal itu dibutuhkan di kabupaten/kota.

Seperti contohnya usulan Bankeu dari DPRD Kaltim terkait perbaikan jalan dan infrastruktur di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan Paser yang programnya baru berjalan 2021 ini.

“Insyaallah karena sejak kami masuk ditahun 2020 di perubahan, semua UPTD-UPTD kita isi. Supaya dapat diberi jalan ke Kubar, Paser, dan sebagainya,” pungkas Makmur. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top