METROPOLIS

Bendungan Sepaku Semoi Diproyeksikan Pasok Air Baku Ibu Kota Negara

Menteri PPN Suharso Monoarfa saat meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi. (Foto: Arief/Humasprov Kaltim)

PENAJAM PASER UTARA, Kate.id – Gubernur Kaltim Isran Noor mengungkapkan progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Desa Tengin Baru, Sukomulyo dan Argomulyo Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara sudah mencapai 40-50 persen.

“Melihat perkembangannya tadi bagus. Ya sudah 40-50 persen progresnya. Dan ditarget rampung akhir 2021 ini,” ungkap Isran Noor usai meninjau sejumlah infrastruktur penunjang Ibu Kota Negara di wilayah sekitar, bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Kamis (22/4/2021) sore.

Dijelaskan, bendungan Sepaku Semoi ini akan memasok air baku untuk wilayah Kota Balikpapan dan Penajam Paser Utara yang selama ini hanya mengandalkan Waduk Teritip, Waduk Manggar dan sumur-sumur dalam sebagai sumber air baku. Di mana ketika musim kemarau tiba maka sering terjadi kekurangan sumber air baku.

“Selain itu bendungan ini juga berfungsi untuk mengendalikan banjir di daerah aliran sungai (DAS) Sungai Tengin dan juga fungsi pariwisata,” jelasnya.

Bendungan Sepaku Semoi merupakan proyek SNVT Pembangunan Bendungan Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Bendungan ini akan dipakai untuk menahan air dengan debit lebih kurang 10 juta meter kubik, dengan volume efektif bersihnya 6 juta meter kubik. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top