POLITIK

DPRD Kutai Kartanegara Bakal Gelar Sosialisasi Perda

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Mulai tahun ini DPRD Kaltim banyak menggelar Sosialisasi Perda (Sosper) di berbagai daerah. Hal ini membuat DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) terinspirasi untuk mengikuti jejak yang sudah dilakukan DPRD Kaltim.

“Apa yang dilakukan teman-teman di DPRD Kaltim, bagus dan sangat bermanfaat, ” ucap Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid, belum lama ini di ruang kerjanya.

Rasid bakal membicarakan di tingkat internal dan kesekretariatan, bisakah mengusulkan kegiatan sosper. Jika memungkinkan, maka DPRD Kukar akan menggelarnya. Pertimbangan lainnya, selama ini DPRD hanya berpacu membuat Perda bersama Pemkab, namun tingkat sosialisasinya sangat minim.

“Perda Kukar kan lumayan banyak, ini yang akan kami sosialisasikan ke masyarakat, ” ucap politisi Golkar ini.

Keinginan Ketua Abdul Rasid juga disambut salah satu anggota Komisi I DPRD Kukar, Firnadi Ihsan. Politisi asal dapil Tenggarong Seberang, Sebulu dan Muara Kaman ini mendukung jika ada program sosper bagi legeslatif Kukar.

“Penting juga kita buat kegiatan sosper, ” ucapnya.

Firnadi menyebut, sosper sebagai upaya mengingat-ingat produk hukum daerah yang sudah dibuat selama ini. Khawatir terlupa bahwa produk hukum sudah ada, tinggal disosialisasikan dan direalisasikan saja.

“Khawatir bakal ada tumpang tindih Perda yang sudah dibuat, dengan Raperda yang akan dibuat,” sebutnya.

Sementara itu anggota DPRD Kaltim dapil Kukar Ely Hartaty Rasyid mengatakan, kegiatan sosper di legeslatif Kaltim terkesan agak terlambat dilakukan. Larena daerah lain sudah lebih lama punya kegiatan sosper.

“DPRD Jawa Timur sudah sejak lama miliki agenda sosper,” jelasnya.

Ely bercerita pengalamannya selama beberapa kali sosper, respon masyarakat sangat bagus dan positif. Malahan menurut Ely jadi ajang curhat dan keluh kesah konstituen terhadap anggota DPRD. Bahkan ada usulan masyarakat di luar konteks sosper.

“Sosper ini seperti reses, jadi momen masyarakat memberikan usulan-usulan untuk diperjuangkan ditingkat DPRD Kaltim,” papar politisi perempuan PDI Perjuangan ini. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top