EKONOMI & BISNIS

Ekonomi Kreatif di Kutai Kartanegara Makin Tumbuh dan Berkembang

Ketua Kekraf Kukar Wiyono.

TENGGARONG, Kate.id – Perekonomian Kutai Kartanegara (Kukar) mulai mengarah pada ekonomi kreatif. Ini dibuktikan pelaku usaha kreatif kian tumbuh dan berkembang. Ekonomi kreatif digadang sebagai solusi, pengganti Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak dapat diperbaharui.

“Kukar selama ini masih mengandalkan migas dan pertambangan. Dalam beberapa tahun ke depan, ekonomi kreatif jadi andalan,” jelas Ketua Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kukar Wiyono belum lama ini.

Wiyono yang juga menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar ini mengatakan, saat ini sudah 480 pelaku usaha ekonomi kreatif di Kukar berasal dari berbagai bidang. Mulai dari kesenian hingga kuliner, dan ini diyakini akan makin tumbuh lagi.

“Sebagai program kerja Pemkab Kukar yang dipimpin Bupati Edi Damansyah dan Wabup Rendi Solihin,” jelasnya.

Wiyono melanjutkan, Bupati Edi Damansyah punya program, bagaimana bisa terwujud Kukar kaya akan festival. Berbagai pertunjukan bisa digelar di Kukar.

“Untuk tahun ini, yang sudah kami rencanakan, bakal menggelar 48 event. Yang bukan hanya dilaksanakan di Tenggarong saja, tetapi ada di kecamatan lainnnya juga, ” paparnya.

Wiyono melanjutkan, belum lagi gambaran perekonomian makin pesat akan dirasakan. Seiring pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo berada di Penajam Paser Utara (PPU) dan Kukar.

“Kebijakan IKN harus bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM di Kukar, bahwa nantinya Kukar menjadi penopang IKN,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Edi secara singkat menyebut sangat bangga dengan perkembangan ekonomi kreatif di Kukar. Dirinya sangat optimistis, perekonomian Kukar akam makin pesat dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

“Pelaku usaha ekonomi kreatif, dipimpin oleh kalangan anak muda. Ini yang membuat saya optimistis perekonomian kreatif akan makin maju lagi ke depannya,” jelas Bupati. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top