POLITIK

Perbaikan Jalan di Kaltim, Wakil Rakyat Imbau OPD Tingkatkan Koordinasi

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ismail. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ismail memberi perhatian mengenai banyaknya permasalahan jalan rusak di Provinsi Kaltim. Dari hal itu, dia mengimbau OPD terkait harus meningkatkan komunikasi dan koordinasi mengenai percepatan perbaikan jalan.

Terlebih kondisi rusaknya jalan nasional di daerah pedalaman. Khususnya jalan nasional yang notabene menjadi penghubung antar kabupaten kota.

Adapun tujuan dari koordinasi tersebut dikatakan Ismail, agar pemerintah jangan sampai menunggu kerusakan ruas jalan dahulu baru bertindak.

“Jalan nasional yang digunakan tentu memerlukan perawatan dan perbaikan, seperti itu terus polanya. Ini yang tak boleh putus koordinasi dan komunikasinya,” sebut legislator dari Dapil VI tersebut, Kamis (15/4/2021).

Selain jalan nasional, Ismail juga menyoroti kondisi jalan provinsi serta kabupaten kota yang mengalami kerusakan. Dari hal itu, Ismail mendorong pemerintah daerah agar segera melakukan perbaikan sesuai dengan kewenangannya.

“Masing-masing memiliki kewenangannya, seperti jalan dengan status nasional maka yang berwenang adalah pemerintah pusat, jalan kabupaten kota maka pemerintah daerah kabupaten kota tersebut yang berwenang,” urainya.

Menurutnya, jika pemerintah lamban melakukan perbaikan, dikhawatirkan mengganggu aktivitas pengguna jalan yang berdampak pada roda perekonomian dan kelancaran arus barang.

“Jangan sampai menunggu rusak parah dan menelan korban jiwa baru dilakukan perbaikan,” pungkas Ismail. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top