POLITIK

Legislator Kaltim Soroti Truk Batu Bara yang Gunakan Jalan Umum

Anggota Komisi I DPRD Kaltim M Udin. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Anggota Komisi I DPRD Kaltim Muhammad Udin menyoroti aktivitas kendaraan pengangkut batu bara. Yang kedapatan melintasi jalan umum, tepatnya di ruas jalan poros Samarinda-Bontang.

Pasalnya akibat aktivitas itu, kemacetan panjang tak terbendung dikarenakan ada beberapa truk pengangkut baru bara yang tak kuat menanjak jalan.

Karenanya legislator yang akrab disapa Udin tersebut ingin menelusuri lebih dalam aktivitas itu. Dia menduga jika aktivitas penambangan tersebut adalah ilegal. Menurutnya jika aktivitas itu legal, kendaraan pengangkut batu bara harusnya memiliki jalur hauling khusus dan bukan jalur negara yang dilintasi.

“Waktu itu ada sekitar empat atau lima mobil dump truck yang melakukan hauling menggunakan jalur negara. Karena ada beberapa mobil yang tidak kuat menanjak, sehingga batu bara itu dibuang dan ditumpuk dipinggir jalan,” beber Udin saat dijumpai di kantor DPRD Kaltim.

Dalam waktu dekat pihaknya segera melakukan tinjauan lapangan untuk mengetahui lokasi pasti aktivitas pertambangan di sekitar jalan poros Samarinda Bontang.

“Kita perlu ada operasi gabungan. Baik itu Komisi I, III, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim terkait hal ini,” tegas Udin, Rabu (14/4/2021).

Setelah tinjauan lapangan, Udin berharap berharap bahwa ke depannya tidak lagi terjadi dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas pertambangan.

“Apalagi saat ini banyak musibah bencana alam yang terjadi akibat pertambangan. Harapan fokusnya, bagaimana kita melindungi alam dan hutan kita agar terhindar dari pertamgangan ilegal,” ungkapnya.

Adapun untuk mengantisipasi kejadian serupa, Udin mengimbau aparat kepolisian dan pemerintah daerah. Untuk senantiasa menjaga lingkungan agar terhindar dari musibah.

“Saya berpesan kepada seluruh jajaran Kepolisian, Pemprov Kaltim beserta anggota Komisi III DPRD Kaltim, ayo buka mata kita, kepentingan ini bukan untuk kepentingan pribadi tetapi ini untuk kepentingan seluruh masyarakat Kaltim,” pungkasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top