ADVERTORIAL

Atasi Sengketa Lahan Rakyat Kecil di Kutai Timur, Legislator Muda Kaltim Sosialisasikan Perda Bantuan Hukum

Anggota DPRD Kaltim M Nasiruddin (kedua kiri) saat melakukan sosialisasi perda penyelenggaraan bantuan hukum di Kabupaten Kutai Timur. (Ferry/Kate.id)

KUTAI TIMUR, Kate.id – Anggota DPRD Kaltim M Nasiruddin menyambangi masyarakat di Desa Suka Rahmat, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dalam rangka Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kaltim Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum pada Sabtu (10/4) lalu.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut turut menghadirkan narasumber diantaranya Nur Arifuddin selaku Wakil Dekan I Fakultas Hukum Universitas Mulawarman (Unmul), Fathul Huda (Lembaga Bantuan Hukum) LBH Samarinda serta dihadiri oleh Kapolsek Kabupaten Kutim Suyamto.

Dijumpai selepas kegiatan, legislator muda dari Fraksi PAN yang akrab disapa Nasir tersebut mengungkapkan jika kegiatan sosialisasi Perda memang rutin dilaksanakan setiap bulan. Dalam kesempatan ini, Nasir memilih kembali menyampaikan Perda Penyelenggaraan Bantuan Hukum karena ia melihat banyaknya persoalan sengkela lahan di Desa Suka Rahmat.

“Khususnya masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai petani yang selalu berperkara persoalan sengketa lahan,” kata Anggota DPRD Kaltim dapil Bontang, Kutai Timur dan Berau ini.

Melihat persoalan itu, Nasir berinisiatif untuk kembali memilih menyampaikan perda tersebut agar nantinya masyarakat khsusunya yang kurang mampu dapat meminta bantuan kepada LBH untuk menyelesaikan persoalan hukum.

“Disinilah fungsinya LBH, jadi bagi masyarakat kurang mampu, atau tidak mampu membayar pengacara silahkan menggunakan jasa LBH. Karena jasa LBH sudah dibayar oleh negara, dan masyarakat tidak akan membayar sepeser pun,” ungkap legislator PAN Kaltim itu.

Dengan demikian, Nasir berharap melalui Perda Penyelenggaraan Bantuan Hukum dapat memfasilitasi rakyat kecil Kaltim, khususnya di Kutai Timur apabila menghadapi persoalan hukum, seperti sengketa lahan yang kerap terjadi.

Dikesempatan serupa, Parakkasi selaku Kepala Desa Suka Rahmat menyambut baik adanya kegiatan sosialisasi Perda tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum yang disampaikan langsung oleh kedua narasumber berlatarbelakang praktisi hukum. “Disamping masyarakat menyampaiakan keinginannya, masyarakat juga mendapat edukasi tentang hukum,” terangnya.

Atas terselenggaranya acara ini pula dirinya berharap agar kegiatan serupa bisa berlanjut agar M Nasiruddin dapat memperjuangkan masyarakat di desanya. “Saya berharap pak Nasir bisa meluangkan waktunya untuk hadir di Desa Suka Rahmat ini. Harapan kami semoga beliau dapat memperjangkan Desa ini,” pungkasnya. (Fer)

Editor: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top