KULINER

Soto Mie, Kelezatannya Dikenal Sampai Negeri Tetangga

Soto mie. (Foto: Shutterstock)

SOTO mie, Soto mi, atau disebut Mee soto di Malaysia dan Singapura, adalah hidangan mi berkuah kaldu berbumbu yang lazim ditemukan di Indonesia lebih tepatnya di Sunda, Bogor, Jawa Barat.

Masakan Khas Sunda ini kini tidak hanya terdapat di Indonesia, namun hidangan ini kini juga dikenal di Malaysia dan Singapura. Mie berarti mi telur dari tepung terigu, garam, dan telur, sementara made soto merujuk kepada hidangan sup berkuah khas Indonesia.

Di Indonesia soto mie dianggap salah satu jenis hidangan soto atau mi berkuah. Sementara di Malaysia dan Singapura hidangan ini disebut mee soto.

Ada berbagai jenis dan variasi resep soto mie, yang dapat dibuat dari bahan ayam, daging sapi, atau jeroan sapi seperti babat, urat, atau kaki sapi. Kadang mi kuning terigu diganti dengan bihun atau campuran keduanya, ditambahi irisan kentang rebus, tomat, telur ayam rebus, kacang, dan tauge.

Kuah kaldu disiramkan ke campuran bahan ini. Kuah dibuat dari kaldu sapi atau ayam dengan tambahan bumbu-bumbu. Bahan pelengkap soto mie misalnya jeruk nipis, sambal, bawang goreng, cuka, kecap manis, dan emping.

Jenis soto mie paling terkenal di Indonesia berasal dari kota Bogor, Jawa Barat. Bahan utama soto mie Bogor adalah urat kaki sapi, babat, dan mi, ditambahi irisan risoles sederhana berisi sayur dan bihun, tomat, kol, kentang, dan seledri. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top