NASIONAL

Jawa Timur Diguncang Gempa, Masyarakat Berhamburan Keluar Rumah

Ilustrasi.

KEDIRI, Kate.id – Gempa bumi terasa di sejumlah wilayah Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021) sekira pukul 14.00 WIB. Sehingga membuat masyarakat kaget dan keluar rumah.

Menurut keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa dengan magnitudo 6,7 itu berpusat di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan kedalaman 25 kilometer. BMKG juga menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa berpusat di laut 90 km arah barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, 95 km tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur, 190 km Barat Daya Surabaya, Jatim, dan 700 km Tenggara Jakarta, Indonesia.

Alhasil sejumlah daerah di Jatim merasakan getaran di antaranya Malang, Kediri, Tulungagung, Pasuruan, Probolinggo, hingga Sidoarjo dan Surabaya. Di Surabaya misalnya, getaran membuat para pengunjung Plasa Marina dievakuasi keluar.

Di Kota Kediri, warga berhamburan keluar rumah sembari meneriakkan kata “lindu” yang berarti gempa.

“Masih pusing campur kaget. Enak-enak tidur diteriakin gempa, langsung lari sampai tidak terasa celanaku terbalik,” ungkap Nina, warga Kelurahan Mojoroto, Kota Kediri.

Yudith, warga Malang ikut merasakan gempa. Kata dia, getaran terasa sekita dua menit. Namun alih-alih khawatir, Yudith menjadikan kejadian tersebut sebagai edukasi kepada anak-anak.

“Iya, lumayan terasa (gempa). Alhamdulillah masih aman. Jadi ada edukasi buat anak-anak, belajar tidak panik,” tuturnya. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top