METROPOLIS

Masalah Sumber Daya Air Harus Diantisipasi dalam Pemindahan IKN

Ilustrasi. (Foto: Eric Chow/i2iart.com)

SAMARINDA, Kate.id – Salah satu permasalahan yang akan dihadapi dan harus diantisipasi dalam rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) baru ke Kaltim adalah sumber daya air. Seperti diungkapkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim Dr Moh Jauhar Efendi.

“Selain lahan, permasalahan yang harus diantisipasi dan mendapat perhatian masalah sumber daya air untuk kawasan IKN termasuk daerah-daerah sekitarnya,,” kata Jauhar Efendi saat seminar nasional di Auditorium 22 Dzulhijjah, Kampus 2 IAIN Samarinda, Senin (5/4/2021).

Karena di Kaltim lanjutnya, tidak tersedia sumber air bawah tanah. Tetapi yang ada hanya air permukaan melalui air hujan, maka perlu disediakan waduk dan bendungan

Jauhar menambahkan, sekarang dalam proses pembangunan Bendungan Talake, sebagai salah satu antisipasi penyediaan sumber daya air di kawasan IKN. Dan menjadi perhatian, jangan sampai ketika IKN sudah dipindahkan ke Kaltim, justru kebutuhan air tidak mencukupi dan warga menderita.

Demikian pula pemberdayaan masyarakat, persoalan migrasi penduduk harus menjadi perhatian serius pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga desa dan kelurahan.

“Migrasi penduduk terampil dan survive dibanding penduduk asli, berkaitan erat dengan peluang kerja. Mestinya sebelum groundbreaking, pemerintah pusat memberikan program-program peningkatan keterampilan bagi warga maupun aparat pemerintahan pada level paling bawah,” papar Jauhar. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top