POLITIK

DPRD Kaltim Target Rampungkan Raperda Penyusunan Perda dalam Tiga Bulan

Ketua Pansus Program Penyusunan Perda DPRD Kaltim Jahidin. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Panitia Khusus (Pansus) Tata Cara Program Penyusunan Peraturan Daerah (Perda) DPRD Kaltim Jahidin menargetkan selama tiga bulan ke depan pihaknya akan merampungkan Rancangan Perda (Raperda) Penyusunan Perda Provinsi Kaltim.

Setelah mengamati isi raperda, Jahidin juga mengungkapkan jika Pansus tidak menemukan kendala dalam pembahasan raperda tersebut. Sebab sudah dilengkapi dengan naskah akademik beserta kelengkapan lain.

“Targetnya diberikan waktu selama tiga bulan. Saya melihat Raperda ini kan ada beberapa persyaratannya seperti naskaah akademik dan kelengkapan-kelengkapan lain yang sudah cukup sempurna,” ujar legislator dari Fraksi PKB tersebut, Jumat (2/4/2021).

Pasalnya, Pansus Tata Cara Penyusunan Perda dibentuk berdasarkan perintah Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Sehingga Pansus nantinya akan merancang Perda untuk menyesuaian aturan hukum dengan ketentuan dan kedudukan yang lebih tinggi.

“Hal-hal yang belum selaras dengan Undang-Undang, nanti akan kita cantumkan ke dalam Perda yang akan menhadi payung hukum pemerintah dalam melaksanakan tugas, khususnya OPD yang bersangkutan,” terangnya.

Untuk lebih menyempurnakan isi raperda, Jahidin mengungkapkan jika ke depan pihaknya akan melakukan studi banding ke DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) dalam rangka mencari referensi untuk menyempurnakan dari draf raperda yang sudah ada.

“Setelah berkunjung dari DPRD Babel, kami akan rapat lagi bersama instansi terkait dalam hal ini biro hukum, untuk membahas draft pasal demi pasal raperda itu,” paparnya.

Selain itu, tujuan dari kunjungan tersebut dikatakan Jahidin juga untuk lebih mengharmonisasikan isi raperda berdasarkan kebijakan sesuai dengan kearifan lokal di Kaltim.

“Nantinya akan mengharmonisasikan draf raperda itu sebelum kita bawa ke Kemendagri,” pungkasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top