KULINER

Gado-Gado, Bermula dari Serangan Mataram ke Batavia

Gado-Gado. (Foto: Wikimedia)

GADO-gado adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Kuliner ini berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah dan yang dihaluskan disertai irisan telur.

Pada umumnya banyak yang menambahkan kentang rebus yang sudah dihaluskan untuk dicampur bumbu kacang, kentang rebus dimasak bersama dengan bumbu kacang kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang. Tetapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.

Adanya makanan gado-gado bermula dari penyerbuan Kesultanan Mataram yang dipimpin Sultan Agung ke Batavia. Pihak kesultanan kala itu kehabisan pasokan bahan makanan terutama beras. Selain itu lumbung-lumbung beras di sekitar Batavia dibakar oleh VOC.

Hal ini kemudian membuat perajurit warok dari Ponorogo yang tergabung dalam pasukan perang membuat sambal bumbu pecel dari kacang. Kemudian disiramkan ke berbagai sayuran mentah yang ada di sekitar persawahan untuk bertahan hidup.

Tindakan ini dalam bahasa jawa disebut Gado yang berarti makan hanya lauk saja atau makan lauk tanpa nasi. Apa yang dilakukan oleh warok ini diikuti oleh prajurit lainnya untuk memakan sayur seadanya yang disiram cairan bumbu pecel.

Dengan perkembangan zaman, kini gado-gado ditambahkan lontong yang diiris kecil, telur dan kerupuk yang disajikan di warung kecil hingga restoran.

Bahan-bahan untuk membuat gado-gado terutama adalah sayur-sayuran. Sayur-mayur yang sering digunakan dapat bervariasi, walau sayuran yang biasa digunakan adalah sayuran hijau yang diiris kecil-kecil seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, dan taoge. Sayuran lainnya seperti pare dan mentimun.

Bahan lainnya yaitu kentang rebus yang diiris, telur rebus, tempe, tahu, dan jagung pipil. Dengan pengecualian telur dan kentang rebus, sayur-sayuran yang digunakan biasanya masih dalam keadaan mentah. Walau kadang-kadang sayuran seperti kubis dan bunga kol bisa juga direbus air panas. Ada juga sayuran yang kadang-kadang dimasak dengan uap air panas.

Salah satu perbedaan gado-gado dari salad sayuran lainnya adalah saus kacang yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk saus kacang ini juga dapat bervariasi. Bahan yang biasa digunakan adalah kacang tanah yang dihaluskan, bawang putih, cabai, merica, air jeruk nipis, garam, dan gula merah. Terkadang juga ditambah santan, kecap, terasi, dan kencur. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top