METROPOLIS

Empat Pemuda Kaltim Raih Penghargaan di Istanbul Youth Summit 2021

Aulia Furqon, Fahrian, Agus Salim dan Affan Aswin Menghadiri IYS 2021. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Empat pemuda Kaltim berhasil meraih penghargaan di event Istanbul Youth Summit (IYS) 2021 yang diadakan di Kota Istanbul, Turki. Keempat pemuda tersebut bernama Aulia Furqon, Fahrian, Agus Salim dan Affan Aswin yang berasal dari Universitias Mulawarman (Unmul).

Dalam rilis yang disampaikan pada Sabtu (27 /3/2021), keempat pemuda tersebut telah menerima penghargaan di bidang social project.

Penghargaan yang diraih antara lain, honorable mention project yang diterima oleh Fahrian dan Agus Salim. Serta Aulia Furqon berhasil meraih penghargaan outstanding group dan outstanding project.

Fahrian menyampaikan jika dirinya mengusung gerakan sosial untuk melakukan kampanye tentang pencerdasan cinta lingkungan dan sadar akan perubahan iklim. Dengan melalui program action talk yang dilakukan melalui Instagram, podcast dan media sosial lainnya, serta mewadahi bagi anak muda yang punya inovasi barang ramah lingkungan.

“Perubahan iklim merupakan tantangan Besar dikemudian hari, Karena begitu banyak faktor penyebabnya, seperti efek Rumah kaca, penggunaan transportasi bermotor Yang semakin meningkat, kondisi ruang terbuka hijau Yang minim diperkotaan dan banyak lagi lainnya,” ungkap Fahrian sebagai Chief of Finance Action.ID.

Sedangkan Affan Aswin, mahasiswa asal Fakultas Kedokteran tersebut mengangkat mengenai pendidikan pengembangan softskill, dengan sebutan program Youth Skill Development (YND).

Program tersebut bertujuan mengembangkan kompetensi pemuda melalui pelatihan keterampilan, dan menjadikan Pemuda Indonesia Yang kompeten kompetitif dan produktif (K2P). Tujuan inilah yang menjadi visi utama berdirinya YND.

Beda halnya dengan Aulia Furqon, dirinya mengusung program yang bernama Governmnet in youth Hand (GYND). Disebutkan, ada tiga program utama yang diusulkan oleh GNYD, yaitu mengangkat mentality, education, dan enterpreneurship sebagai pembahasan utama. 

Untuk menindaklanjuti programnya, GNYD bekerja sama pihak terkait dan pemerintah setempat. 

“Waktunya anak anak muda yang bergerak dalam pembangunan masyarakat, menjadi mitra kritis pemerintah dengan memulai gerakan yang nyata bersama masyarakat,” tandas Furqon sebagai Ketua Program GYND. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top