METROPOLIS

Pemkab Kutai Kartanegara Segera Tetapkan Lokasi RSUD Muara Badak

Wabup Kukar Rendi Solihin. (Foto: Dan/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) bakal tetapkan lokasi pembangunan RSUD Muara Badak.

Rencana pembangunan rumah sakit ini menjadi harapan masyarakat sejak lama. Karena sebelumnya untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih lengkap, mengharuskan masyarakat berobat ke luar Kukar.

“Paling cepat, pekan depan sudah ditetapkan lokasinya,” jelas Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, saat meninjau calon lokasi RSUD Muara Badak belum lama ini.

Rendi menilai, ada dua lokasi yang strategis untuk dibangunkan RS. Yaitu di Desa Batu-Batu dan Tanjung Limau, mengingat dua desa bisa mengakomodasi kecamatan tetangga Muara Badak.

“Yang kami perhatikan, masyarakat Marang Kayu dan Anggana bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan dari RSUD Muara Badak,” jelasnya.

Rendi menyatakan RSUD Muara Badak nanti bertipe C, sama dengan status RSUD Dayaku Raja Kota Bangun dan RSUD Aji Batara Agung Samboja.

“Yang penting RS-nya ada dahulu, pengembangannya nanti berjalan saja ketika sudah beroperasi,” tegasnya.

Sementara itu Anggota DPRD Kukar dapil Muara Badak, Marang Kayu dan Anggana dari Partai Hanura, Abdul Wahab juga ingin mendorong secepatnya pembangunan RSUD dimulai. Karena menjadi kebutuhan masyarakat.

“Dari dahulu persoalannya ada pada lokasi pembangunan RSUD yang belum kongkret, ” jelas Wahab.

Dia mengusulkan, lokasi yang pas ada pada Desa Batu-Batu. Karena lokasinya berdekatan dengan Kantor Camat Muara Badak. Lokasi tersebut milik Desa Batu-Batu yang siap dihibahkan.

“Jika di Batu-Batu, Pemkab Kukar tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pembebasan lahannya. Jadi Pemkab fokus dipembangunannya saja,” paparnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top