METROPOLIS

Pemkab Kutai Kartanegara Dukung Penuh Pembangunan IKN

Kedatangan Peneliti dari Seskoad ke Pemkab Kukar. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) berkomitmen mendukung Ibu Kota Negara (IKN) baru. Sebagaimana tampak saat menyambut kedatangan peneliti Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) Rabu (24/3/2021) di ruang eksekutif Kantor Bupati Kukar.

Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat mempertegas Pemkab Kukar mendukung keberlanjutan pembangunan menyambut IKN baru di Kaltim.

“Sejak ditetapkan Kaltim sebagai IKN yang baru, dan masuk wilayah Kukar dan PPU, Pemkab Kukar sudah sangat siap mendukungnya, agar segera terwujud,” ucap Taufik.

Dia juga meminta, pembangunan IKN nantinya memperhatikan aspek budaya sosial dan ekonomi masyarakat. Pemkab juga sudah mendukung terwujudnya infrastruktur yang memadai mendukung IKN.

“Kami selalu mendukung pembangunan jalan pendukung IKN, yang memang sudah masuk status jalan kabupaten. Sedangkan jalan berstatus provinsi dan nasional, menjadi kewenangan Pemprov dan Pusat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kukar Rinda Desianti menyebut, yang harus diperhatikan dari proses pembangunan IKN bukan hanya dari sisi infrastruktur. Tetapi harus juga memperhatikan dampak sosial di masyarakat lokal dan sekitarnya.

“Yang kami khawatirkan, adanya IKN baru di Kaltim, tetapi gesekan sosial antara masyarakat bisa saja terjadi dengan intensitas yang sering,” jelas Rinda.

Untuk mencegah terjadinya gesekan sosial di masyarakat jelang hadirnya IKN saat ini, Pemkab Kukar sudah mengantisipasinya sejak dini. Dengan membentuk organisasi masyarakat, perkumpulan dari perwakilan suku dan tokoh masyarakat di Kukar.

“Kami juga sudah membentuk forum pembauran antara masyarakat. Tugas dari forum pembauran bagaimana mencegah konflik sejak dini,” jelasnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top