POLITIK

Wakil Rakyat Kaltim Tampung Keluhan Nelayan dan Petani

Anggota DPRD Kaltim Baharuddin Demmu Saat Kunjungan di Desa Pulau Harapan. (Foto: Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Anggota DPRD Katim Dapil Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Baharuddin Demmu menyambangi masyarakat di Desa Pulau Harapan. Yang terletak di Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kukar pada hari Sabtu (20/3/2021) silam.

Dalam kegiatannya, legislator yang akrab disapa Bahar tersebut melakukan kunjungan untuk menampung keluhan dari nelayan dan petani yang ada di desa tersebut.

“Karena diundang, saya datang untuk bersilaturahmi dengan masyarakat yang ada di Desa Pulau Harapan,” sebutnya melalui sambungan telpon, Ahad (21/3/2021).

Dijelaskan Bahar, beberapa keluhan yang diungkapkan oleh masyarakat Desa Pulau Harapan antara lain menyangkut sarana dan prasarana nelayan.

“Hampir mata pencarian terbesar masyarakat di Pulau Harapan itu ada dua. Uang paling besar itu nelayan, baik nelayan tangkap ataupun budidaya serta sebagian bertani,” terangnya.

Dari keluhan yang disampaikan, nelayan di Desa Pulau Harapan menurut Bahar memang sampai saat ini belum tersentuh bantuan. Sehingga kelompok nelayan berharap bantuan, seperti mesin kapal dan body kapal yang biasa digunakan untum mencari ikan.

“Ini saya kira menjadi kebutuhan-kebutuhan dasar di sana,” tambahnya.

Namun, masih ada beberapa masalah kelompok nelayan yang harus ia selesaikan bersama penyuluh perikanan. Seperti permasalahan pendataan anggota kelompok perikanan yang masih tergabung di kelompok lain.

“Sementara ke depannya kan tidak boleh begitu. Satu anggota nelayan harus ada satu kelompoknya saja. Tidak boleh lebih,” tegasnya.

Selain itu, masyarakat yang berprofesi sebagai petani juga mengeluhkan letak penggilingan padi yang jaraknya sangat jauh dari sawah petani. Sehingga Bahar berharap alokasi bantuan untuk dibangunkannya penggilingan padi dapat segera terealisasi.

“Jadi harapannya kedepan juga ada bantuan untuk dibangunkan penggilingan padi di desa itu. Sehingga petani kita itu tidak perlu lagi membawa jauh untuk menggiling padi,” pungkas legislator Fraksi PAN tersebut. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top