METROPOLIS

Sinkronisasi Program OPD Kutai Kartanegara Hampir Selesai

Wabup Kukar Rendi Solihin. (Foto: Dan/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id Sinkronisasi program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang selaras dengan visi dan misi kepala daerah agar bisa tersusun di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2021-2026 hampir selesai. Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Kukar Rendi Solihin.

“Ini berjalan terus paparan dari OPD,” jelas Rendi, Sabtu (20/3/2021) malam.

Dia menargetkan, karena tidak terlalu banyak lagi OPD yang belum memaparkan program kerja, maka direncanakan akhir bulan ini sudah selesai.

“Jika sudah selesai, maka kita dapat mengetahui capaian dan target program kerja OPD yang pro rakyat, yang bermuara kepada kesejahteraan rakyat Kukar,” jelas Rendi.

Dia mengaku sangat optimistis mampu menjalankan visi dan misi Pemkab Kukar. Yang dituangkan dalam RPJMD dan menjalankan pemerintahan bersama Bupati Edi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono menambahkan, agar paparan program kerja OPD sesuai visi serta misi Bupati dan Wabup Edi Damansyah dan Rendi Solihin, menuju Kukar yang inovatif daya saing dan mandiri (Idaman), Pemkab Kukar menggandeng para akademisi Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong.

“Kami sudah bentuk tim gugus tugas Kukar Idaman. Yang terdiri dari para Dosen Unikarta dari berbagai disiplin ilmu,” jelas Sunggono.

Dia merinci, tugas tim gugus Idaman tersebut, bagaimana mengawal capaian kinerja OPD sesuai sasaran RPJMD Kukar 2021-2026. Senada dengan Wabup, Sekda memastikan proses konsultasi dan penyesuaian program kerja OPD berjalan terus sampai sekarang. Respon pimpinan OPD sangat aktif berkonsultasi dengan tim.

“Yang saya bangga, para pimpinan OPD aktif berkonsultasi ke tim, agar program yang dibuat, tidak ada yang melenceng dan sesuai sasaran visi dan misi kepala daerah,” katanya.

Yang membutuhkan waktu dari sinkronisasi program sebut Sunggono, yaitu menghubungkan program kerja yang lama dengan program yang baru, sesuai sasaran atau tidak, punya rencana strategis atau tidak, ini akan difinalkan lagi, dalam beberapa hari ke depannya ini. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top