FILM

Justice League Snyder’s Cut Dirilis, Durasi Empat Jam Lebih

Cuplikan film Justice League Snyder's Cut. (Foto: Warner Bros.)

Kate.id – Versi definitif film superhero ‘Justice League’ yang mendapat embel-embel Snyder’s Cut resmi dirilis Kamis (18/3/2021) di HBO Max. Untuk penonton di Asia, bisa menyaksikan melalui layanan HBO Go.

Tak seperti kebanyakan film layar lebar yang berdurasi kurang dari 2 jam, film berjudul resmi Zack Snyder’s Justice League ini dua kali lebih panjang. Total durasinya 4 jam 2 menit. Para penggemar dapat memilih untuk menonton film ini sekaligus, atau menikmatinya dengan menonton tiap bagian satu per satu.

Ada banyak perbedaan dalam Snyder’s Cut ini ketimbang film teatrikalnya yang dirilis 2017 silam. Salah satunya pertempuran antara Justice League dan Darkseid (Ray Porter) yang jahat.

Pertempuran epik antara Justice League dan Darkseid seharusnya masuk dalam film. Namun pada versi Joss Whedon akhirnya tidak disertakan.

Terdapat juga percakapan antara Joker (Jared Leto) dan Batman (Ben Affleck). “Kita hidup dalam masyarakat di mana kehormatan adalah kenangan yang jauh. Bukankah itu benar, Batman?” kata Joker.

Film ini menampilkan Batman, Superman (Henry Cavill), Wonder Woman (Gal Gadot), Aquaman (Jason Momoa), The Flash (Ezra Miller) dan Cyborg (Ray Fisher) bekerja sama untuk melindungi dunia dari bencana seperti Darkseid, Steppenwolf ( Ciarán Hinds) dan DeSaad (Peter Guinness) yang mengancam akan menghancurkan planet ini.

Film ini muncul setelah para penggemar DC selama bertahun-tahun membuat kampanye #ReleasetheSnyderCut yang meminta agar Warner Bros. merilis ‘Justice League’ versi Snyder yang meninggalkan proyek tersebut pada awal 2017 karena perbedaan kreatif dengan studio dan untuk memulihkan diri dari tragedi yang menimpa keluarganya.

Warner Bros. kemudian membawa Joss Whedon, sutradara dari film tim pahlawan supsr Marvel Studios ‘The Avengers’ dan ‘Avengers: Age of Ultron,’ untuk menulis ulang dan merekam ulang film tersebut dengan jadwal yang ketat untuk dirilis pada November 2017.

Hasilnya menerima tanggapan hangat dari para kritikus dan di box office, dan menghasilkan USD 657,9 juta dengan perkiraan anggaran sebesar USD 300 juta.

Akan tetapi, menyatukan karya Whedon dan Snyder dianggap buruk dan aneh. Salah satu contoh yang mencolok adalah Cavill, yang memerankan Superman tidak bisa mencukur kumis yang dia tanam untuk film ‘Mission Impossible: Fallout’ yang diproduksi pada saat yang sama dengan versi terbaru ‘Justice League’.

Akhirnya kumis itu harus dihilangkan dengan CGI dengan hasil yang mengecewakan.

Pada 2018, penggemar Snyder mulai meminta untuk studio untuk merilis versi film Snyder. Pada Mei 2020, Snyder mengumumkan dalam siaran langsung bahwa ‘Justice League’ versinya akan tayang perdana pada tahun 2021 di HBO Max.

Setelah WarnerMedia menghabiskan puluhan juta untuk efek visual baru dan fotografi tambahan, Snyder menjelaskan bahwa tidak ada materi yang direkam oleh Whedon akan muncul dalam versinya. Termasuk bibir atas Cavill yang dibuat dengan CGI. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top