WISATA

Taman Nasional Kepulauan Seribu, Rumah Kekayaan dan Keindahan Alam Bahari

Taman Nasional Kepulauan Seribu dilihat dari atas. (Foto: Humas KLHK))

TAMAN Nasional Kepulauan Seribu merupakan kawasan pelestarian alam satu-satunya di ibu kota negara. Memiliki luas 107.489 hektare, Taman Nasional Kepulauan Seribu bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam dari daratan kota Jakarta dengan kapal cepat.

Taman ini merupakan rumah bagi penyu sisik, kima raksasa, lumba-lumba, dan aneka hewan laut lainnya. Terumbu karang, mangrove dan padang lamun menjadi ekosistem penting dalam kawasan ini. Keindahan dan kekayaan alam bahari di kawasan ini telah diakui sebagai ASEAN Heritage Park pada 2017.

Pesona laut dan pulau-pulau sangat kecil dengan pasir putihnya telah memikat sejak dulu. Tempat orang-orang menikmati wisata alam bahari di tengah hingar bingar kota metropolitan.

Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu secara administratif berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Areal yang masuk dalam kawasan TNKpS adalah wilayah perairan laut lingkup Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan dua pulau penjaliran barat dan timur, sedangkan daratan pulau lainnya merupakan daerah penyangga kawasan.

Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu termasuk wilayah perairan Laut Jawa di bagian utara Teluk Jakarta. Karena termasuk dalam paparan Sunda, maka perairan laut di kawasan ini merupakan perairan laut dangkal dengan pulau-pulau karang dan paparan karang serta terumbu karang (reef flat dan coral reef). (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top