POLITIK

Legislator Kaltim Beber Usulan Raperda Penyelenggaraan Ketahanan Keluarga

Wakil Ketua Bapemperda DPRD Kaltim Masykur Sarmian. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kaltim Masykur Sarmian membeberkan terkait usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif tentang Penyelenggaran Ketahanan Keluarga.

Legislator dari Fraksi PKS tersebut mengatakan jika raperda ini menunjukkan adanya harmoni dalam rangka menyelenggarakan tugas pemerintahan dan memberikan kontribusi positif untuk Kaltim Berdaulat.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi Bapemperda membentuk raperda itu. Dijelaskan Masykur, raperda tentang ketahanan penyelenggaraan keluarga ini menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 52/2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

“Di mana diarahkan kepada keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan dan memiliki visi dan misi, serta material. Agar bisa mengembangkan diri dan mandiri untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin,” jelasnya dalam penyampaian Rapat Paripurna ke-4, Selasa (2/3/2021).

Lanjut Masykur, tujuan dibentuknya raperda tentang penyelenggaraan ketahanan keluarga ini adalah untuk terwujudnya kualitas keluarga secara mental dan spiritual secara seimbang.

“Sehingga dapat menjalankan fungsi keluarga dengan optimal menuju keluarga sejahtera lahir batin,” imbuh Masykur.

Atas hal tersebut, dia menerangkan pentingnya membentuk masyarakat adil dan makmur yang berawal dari peran keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat. Agar bisa dibina dan dikembangkan.

“Raperda penyelenggaraan ketahanan keluarga ini juga bertujuan untuk mengatasi perkembangan dan pengaruh dari globalisasi, ekonomi, budaya, serta teknologi informasi. Agar keluarga bisa jadi basis kebijakan publik,” tandas Masykur. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top