POLITIK

Persiapan PPDB, DPRD Kaltim RDP Bersama Disdikbud

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Komisi IV DPRD Kaltim telah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltim. Dalam rangka membahas persiapan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021-2022 yang sebentar lagi akan digelar.

Komisi IV menegaskan, sejumlah persiapan harus dilakukan menjelang PPDB tersebut. Apalagi hingga saat ini pemerintah belum mengelurakan izin terkait pelaksanaan sekolah tatap muka lantaran pendemi Covid-19.

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub menjelaskan jika pembahasan persiapan PPDB dan pembelajaran tatap muka telah lama diagendakan bersama Disdikbud Kaltim.

“Terdapat beberapa hal pokok yang menjadi pembahasan saat rapat. Seperti misalnya persoalan pola, dan mekanisme PPDB 2021-2022,” terangnya, Rabu (3/3/2021).

Selain itu, Ketua PPP Kaltim tersebut membeberkan PPDB 2021-2022 tidak banyak berubah dari tahun sebelumnya. Hanya saja yang mejadi permasalahan menurut Rusman adalah mengenai antisipasi dari sistim zonasi terutama di Kota Samarinda

“Yang kita ketahui hingga saat ini masih terdapat dua kecamatan yang masuk kategori kecamatan blank spot. Yaitu Samarinda Ilir dan Samarinda Kota,” bener Rusman.

Alhasil, orangtua siswa yang berasal dari dua kecamatan tersebut merasa kesulitan menyekolahkan anaknya menggunakan sistem zonasi.

Dalam hal mengantisipasi masalah tersebut, Rusman juga menjelaskan jika ada beberapa langkah berusaha ditempuh pihaknya bersam dengan Disdikbud Kaltim. Antara lain PPDB menggunakan sistem online maupun drive thru.

“Harapan kami, kasus pandemi ini makin menurun. Selain itu kami juga meminta kepada dinas pendidikan agar pelaksanaan sekolah tatap muka bisa dipersiapkan di tahun ajaran baru walaupun dalam batasan tertentu dan sesuai standar dan bepedoman pada protokol kesehatan Covid-19,” pungkas Rusman. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top