POLITIK

DPRD Kaltim Mulai Bahas Empat Usulan Raperda Baru

Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo menyampaikan jika di awal tahun ini pihaknya mulai membahas empat usulan Rancangan Perturan Daerah (Raperda) baru. Hal itu disampaikan setelah terselenggaranya rapat Badan Musyawarah (Bamus) di ruang rapat gedung E Kantor DPRD Kaltim pada Senin (1/3/2021).

Lanjut Sigit, terkait dengan usulan Raperda tersebut di antaranya terdiri dari inisiatif DPRD Kaltim dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Dengan total keseluruhan empat Raperda.

“Usulan Raperda dari inisiatif DPRD Kaltim tentang Raperda Penyelenggaraan Ketahanan Keluarga. Dan tiga Raperda dari Pemprov Kaltim, di antaranya, pertama Penyelenggaraan Pemerintah Berbasis Sistem Teknologi Komunikasi Informasi, kedua Tata Cara Penyusunan Program Pembentukan Perda, dan ketiga Pengelolaan Barang Milik Daerah. Jadi totalnya empat raperda,” jelas legislator dari Dapil Balikpapan tersebut.

Yang kemudian dari empat usulan Raperda tersebut akan diparipurnakan sebanyak tiga kali. Sehingga nantinya, dari pimpinan DPRD Kaltim akan memberikan surat ke fraksi untuk menujuk anggota legislatif untuk menjadi perwakilan anggota pansus.

“Dari usulan raperda kan tentunya ada pansus-pansus yang bekerja. Kami nanti ada kunjungan-kunjungan juga, selain penjadwalan kunjungan kerja komisi, kemudian badan-badan juga ada penjadwalan kunjungan kerja panitia khusus (pansus),” terang Sigit.

Menurut legislator Fraksi PAN tersebut, pembentukan pansus juga akan diutamakan. Meskipun, dalam perkembangannya juga ada usulan-usulan pansus seperti yang pernah diusulkan. Contohnya seperti pansus tol dan pansus Perusahaan Daerah (Perusda).

“Makanya itu diagendakan di Rapat Pimpinan (Rapim) dahulu kalau memang ada usulan-usulan pansus yang mendesak. Lalu usulan pansus Perusda yang lagi hangat-hangatya saat ini. Nanti itu akan jadi pembahasan khusus di Rapim,” pungkasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top