METROPOLIS

Peringati Hari Keadilan Sosial Sedunia, PMII Samarinda Gelar Aksi Damai

Gelaran aksi damai oleh PC PMII Samarinda. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Samarinda menyelenggarakan serangkaian aksi damai. Dalam rangka memperingati World Day of Social Justice atau Hari Keadilan Sosial Sedunia untuk menyuarakan kesejahteraan berakar dari keadilan.

Aksi damai tersebut diselenggarakan tepat di depan Gerbang Universitas Mulawarman (Unmul) pada Rabu (24/2/2021).

Muhammad Fahruraji Annur selaku Humas mengatakan, PC PMII Kota Samarinda menggelar aksi damai untuk menyuarakan beberapa isu. Di antaranya mengenai Omnibus Law UU Cipta Kerja yang sempat menuai penolakan dari berbagai kalangan.

Kedua menyangkut penahanan dua mahasiswa yakni Firman dan Wisnu setelah mengikuti unjuk rasa menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja pada November 2020 lalu. Ketiga, massa aksi juga ikut menyuarakan perihal wacana Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) yang sejak tahun lalu telah diproses.

“Namun sampai saat ini tidak ada kejelasan. Meskipun awal 2021 tadi, ada kabar baik bahwa RUU PKS masuk Prolegnas DPR RI 2021,” jelas Aji sapaan akrabnya di sela-sela aksi damai.

Diketahui, massa aksi damai yang diperkirakan sekitar 50-70 orang tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan. Terlebih menurut Aji, hal ini merupakan acara puncak. Sebab beberapa hari sebelumnya, PC PMII Samarinda sudah menggelar agenda lain yang masih dalam satu rangkaian aksi hari ini. Mulai diskusi soal keadilan sosial, peran perempuan, dan RUU PKS.

“Ini rencananya kami selesai pada jam 18.00 Wita. Kemudian dilanjutkan dengan aksi damai sembari menyalakan lilin di pinggir jalan. Sebagai bentuk kritis hari ini kepada pemerintah bahwa keadilan harus ditegakkan setinggi-tingginya,” pungkasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top