EKONOMI & BISNIS

Pengembangan Kayu Balsa di Kutai Kartanegara Punya Prospek Bagus

Kerja sama antara PT BHP dengan PT Serayu Grup tentang pengembangan dan industri kayu balsa di Kukar. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – PT Bumi Hijau Pangan (BHP) diminta serius dalam rencana mengembangkan budi daya kayu balsa bersama PT Serayu Group. Permintaan ini datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) lantaran dianggap memiliki prospek yang sangat bagus dan menguntungkan rakyat.

“Saya minta, program pengembangan kayu balsa di Kukar bisa berjalan sukses. Melalui kerja sama anatara PT BHP dan Serayu Group terwujud, apalagi mau melibatkan rakyat Kukar,” pesan Kabag Pengelolaan Sumber Daya Alam Setkab Kukar, Abdullah Panussu, Rabu (24/2/2021) saat menghadiri sosialisasi pengembangan bisnis kayu balsa, di Hotel Grand Elty Tenggarong.

Abdullah sangat menyayangkan jika program ini tidak berjalan. Sebagaimana pernah mengampanyekan tanam singkong gajah secara massal oleh rakyat Kukar, namun akhirnya hasil panen singkong gajah dari petani tidak ada yang membeli.

“Harus diperhatikan juga, pangsa pasar kayu balsa, agar petani mudah menjualnya, ” jelasnya.

Sementara itu CEO PT Serayu Group Hasan memaparkan peluang bisnis usaha kayu balsa tumpang sari tanaman pangan di hadapan, Dinas Pertanian dan Peternakan(Distannak) Kukar, Kepala Desa, Akademisi Unikarta, perusahaan tambang batu bara, serta praktisi pertanian.

Hasan mengatakan, peluang usaha kayu lapis jenis Balsa metode tumpang sari tanaman pangan, sangat menjanjikan dan mendukung Kaltim berdaulat.
Tanam balsa sangat menjanjikan sampai tujuh tahun ke depan. Tanam per hektarenya bisa memperoleh keuntungan Rp 1 miliar.

“Mamfaat kayu balsa sebagai peredam suara pesawat dan kapal laut maupun kapal selam. Bahkan jadi bahan baku pembuatan papan selancar, ” ucap Hasan.

Nanti bibit pohon balsa akan diberikan secara gratis. Namun akan diteliti dahulu lokasi lahannya oleh tim, cocok atau tidak ditanami pohon balsa. Akan dicek dahulu kadar tanah ketinggian air, serta pendukung lainnya.

Sementara itu Komisaris PT BHP Kukar Setia Budi memastikan, sayang jika Kukar tidak memanfaatkan PT Serayu sebagai mitra kerja. Bibit diberikan gratis, dilakukan pembinaan pemupukan dan perawatan, serta jika berhasil akan bangun industri pengelolaan kayu balsa. Inilah inti kerja sama antara BHP dengan Serayu Group.

“Kami dorong juga Pemkab Kukar bisa membuatkan Perda tentang pengelolaan lahan eks tambang, untuk dilakukan tanam kayu balsa, ” ucapnya. (hik)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top