POLITIK

Wakil Rakyat Kaltim Terima Keluhan Perbedaan TPP Guru

Anggota DPRD Kaltim Dapil Samarinda Puji Setyowati Saat Menggelar Reses. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Saat menggelar reses, anggota DPRD Kaltim Dapil Kota Samarinda Puji Setyowati mendapati keluhan guru-guru terkait perbedaan nilai Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). Hal ini terjadi terhadap tenaga pengajar di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltim dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Samarinda.

Hal tersebut Puji ungkapkan saat dirinya menggelar kegiatan reses atau serap aspirasi di Perumahan Artas Jalan Damanhuri, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda pada 19 Februari 2021 silam.

Pasalnya terdapat perbedaan nilai TPP, namun tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada guru-guru di lingkup Provinsi Kaltim dan Kota Samarinda sebenarnya memiliki beban dan tanggung jawab yang sama.

“Iya, jadi reses tadi ada aspirasi yang disampaikan oleh empat orang guru terkait diskriminasi TPP di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Ini terkait dengan Undang-undang Nomor 23/2004 tentang pemisahan sekolah-sekolah yang dikelola oleh provinsi dan kabupaten/kota,” sebut Puji.

Oleh sebab itu, perwakilan guru juga mengatakan Undang-undang Nomor 23/2004 itulah yang akhirnya menyebabkan TPP yang seharusnya semua guru mendapatkan hak yang sama. Namun terjadi kesenjangan tajam di provinsi dengan Kabupaten/kota.

Diketahui sebelumnya, terkait nilai TPP yang berlaku di Disdikbud Kaltim mencapai Rp 3.750.000 per bulan. Namun TPP yang berlaku di Disdik Kota Samarinda hanya Rp 750 ribu per bulan. Dari permasalahan itu pun Puji berkomitmen akan menyampaikan kepada Disdikbud Kaltim dalam rangkaian Rapat Dengar Pendapat (RDP) mendatang.

“Yang berkaitan dengan pendidikan, nanti akan kami sampaikan pada saat RDP dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top