NASIONAL

Tuntas Tangani Banjir Jakarta, Anies: Kerja Kolosal yang Direncanakan Serius

Anies Baswedan meninjau dapur umum pengungsian korban banjir. (Foto: Humasprov DKI Jakarta)

JAKARTA, Kate.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim Pemerintah Provinsi (Pemprov) beserta pihak-pihak terkait telah tuntas menangani banjir akibat hujan ekstrem Sabtu dini hari (20/2/2021). Pada Ahad (21/2/2021), semua genangan telah surut dan Senin pagi (22/2/2021) dan semua warga telah kembali ke rumah masing-masing.

“Dan kegiatan pemerintahan, serta kegiatan ekonomi bisa berjalan tanpa ada gangguan apapun akibat hujan ekstrem tersebut,” sebut Anies, Selasa (23/2/2021).

Untuk itu dia menyampaikan terima kasih dan apresiasi pada 16 ribu petugas Pemprov DKI Jakarta. Yang bekerja nonstop, mengerahkan semua kekuatan utk mengendalikan 644 pintu air, 1.013 pompa termasuk 228 truk pemadam kebakaran dan 100 truk penyiraman tanaman, dan kepada semua petugas bantuan pangan, bantuan kesehatan dan bantuan sosial yang terjun langsung pada warga yang terdampak.

“Terima kasih dan apresiasi seluruh jajaran TNI dan Polri, yang semuanya turut turun tangan langsung di lokasi-lokasi terdampak hujan,” ungkap Anies.

Terima kasih juga disampaikan pada PMI, lembaga-lembaga sosial, lembaga amil zakat, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, organisasi keagamaan, dan relawan, pribadi, keluarga dan organisasi yang turun tangan langsung memberikan bantuan, meringankan saudara-saudara kita yang terdampak oleh banjir.

“Penanganan dampak curah hujan itu adalah sebuah kerja kolosal yang direncanakan dengan serius, disimulasikan di lapangan sebelum musim hujan tiba, dan dilaksanakan secara bersama-sama oleh semua unsur hingga akhirnya, alhamdulillah, atas izin Allah, ikhtiar kolektif ini bisa secara cepat memulihkan kondisi di Jakarta,” beber Anies.

Dia juga mengingatkan semua pihak untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir.

“Kewaspadaan terus kita jaga, jangan lengah. Kita perhatikan terus peringatan dari BMKG,” tegas Anies. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top