WISATA

Gunung Ciremai, Saksi Sejarah Bangsa dengan Ragam Wisata Alam

Pemandangan Gunung Ciremai. (Foto: istimewa)

GUNUNG yang berasal dari kata Cereme ini, sering disebut juga sebagai atapnya bumi pasundan. Hal ini karena gunung tersebut adalah yang tertinggi di Jawa Barat.

Memiliki tinggi 3.078 mdpl, Gunung Ciremai termasuk gunung api Kuarter aktif, tipe A. Yakni, gunung api magmatik yang masih aktif sejak tahun 1600, dan berbentuk strato.

Gunung ini memiliki kawah ganda, yakni kawah barat yang beradius 400 m, terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 mdpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.

Kini Gunung Ciremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare.

Di kaki Gunung Ciremai terdapat tempat bersejarah bagi bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda yakni Gedung perundingan linggarjati. Tempat ini menjadi saksi perjanjian politik antara Indonesia dengan Belanda.

Selain itu, wisata alam yang banyak tersebar di kaki Gunung Ciremai seperti Bumi Perkemahan Woodland Hulu Ciawi, Pemandian alam Cibulan atau Sumur 7 Cibulan, Pemandian Alam Cigugur, Lembah Cilengkrang, Lembah Ipukan, Cadas Gantung, dan sebagainya.

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top