POLITIK

Dinas PUPR-PERA Kaltim Diminta Fokus Perbaiki Jalan Provinsi

Anggota Komisi III DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Anggota Komisi III DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry meminta Dinas PUPR-PERA Kaltim fokus pada perbaikan dan pembangunan ruas jalan provinsi. Hal itu dia sampaikan setelah kegiatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas PUPR-PERA Kaltim di Kantor DPRD Kaltim beberapa waktu silam.

“Sebab tiap tahun, selalu ada pemeliharaan-pemeliharaan rekonstruksi jalan namun tidak maksimal. Sehingga, jalan provinsi itu statusnya tidak mantap,” jelas Sarkowi

Dia juga meminta Kepala Dinas PUPR-PERA Kaltim yang baru memiliki terobosan. Terutama dalam hal mengomunikasikan ke pemerintah pusat agar pembangunan jalan di Kaltim dapat dibantu melalui anggaran APBN.

“Kami meminta karena ada bebetapa jalan nasional di Kaltim yang kondisinya justru rusak. Dengan rincian aggaran Rp 1,5 triliun, Kaltim kokus rekonstruksi kalan. Alokasi terbesar senilai Rp 681,5 miliar untuk alokasi bidang Bina Marga. Dari anggaran Bidang Bina Marga yang terbesar untuk membiayai program rekonstruksi jalan yang mencapai lebih dari Rp 512 miliar,” beber legislator asal Fraksi Golkar tersebut.

Dia juga mengungkapkan secara rinci alokasi lainnya untuk program pembangunan. Seperti pembangunan jalan Rp 69 miliar, pembangunan jembatan Rp 24 miliar, selebihnya penyusunan rencana kebijakan strategi dan teknis sistem pengembangan jaringan jalan senilai Rp 18 miliar.

Berikutnya, anggaran pembebasan lahan atau tanah untuk penyelenggaraan jalan Rp 30 miliar, survei kondisi jalan atau jembatan Rp 1,9 miliar, serta pengawasan teknis penyelenggaraan jalan atau jembatan Rp 26 miliar.

“Ada pula Dana Alokasi Khusus (DAK, Red.) totalnya Rp 120 miliar lebih,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top