METROPOLIS

Sunggono Resmi Jabat Plh Bupati Kutai Kartanegara

Edi Damansyah saat sertijab dengan Plh Bupati Kukar Sunggono. (foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Sekda Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono resmi menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati. Penetapan Sunggono itu dilakukan Rabu (17/2/2021) siang, bertempat di ruang serba guna kantor Bupati Kukar. Pasalnya Bupati Edi Damansyah dan Wabup Chairil Anwar berakhir masa tugasnya per 16 Februari 2021.

“Sesuai UU tentang Pemerintahan Daerah, jika terjadi kekosongan, maka yang mengisi sebagai Plh Bupati adalah Sekda,” ucap Sunggono.

Mantan Kabag Pemerintahan Setkab Kukar ini menyebut, saat ini Kukar masih kondusif selama dipimpin Bupati Edi Damansyah dengan Wabup Chairil Anwar. Dirinya atas nama Pemkab dan masyarakat Kukar berterima kasih kepada Edi-Chairil yang yang berakhir tugasnya, yang telah memberikan dampak positif terhadap pembangunan Kukar.

“Masyarakat Kukar harus tahu, jabatan Plh Bupati Kukar bersifat terbatas, tidak ada kewenangan strategis, Plh Bupati tugasnya bersifat administrasi saja,” ucapnya.

Sunggono memastikan, masa jabatan dirinya sebagai Plh Bupati, hanya menunggu waktu pelantikan Bupati Edi Damansyah dan Wabup Rendi Solihin untuk periode 2021-2024, yang terpilih pada Pilkada Kukar 9 Desember 2020 yang lalu.

“Kukar sangat membutuhkan Bupati Edi dan Wabup Rendi Solihin, yang merupakan pemimpin berkualitas dipilih rakyat Kukar, yang sebentar lagi akan dilantik, ” ujarnya.

Sunggono berpesan kepada ASN Kukar untuk tetap bekerja secara serius dan profesional, meski Kukar dipimpin oleh seorang Plh Bupati Kukar.

Edi Damansyah yang sempat memberikan pesan dan kesan, selama dirinya bersama Chairil Anwar memimpin Kukar sudah banyak keberhasilan, pemerintahan berpredikat baik. Pengelolaan keuangan dengan predikat baik, serta prestasi banyak lainnya, yang bisa dilihat saat HUT Kaltim lalu.

“Kami juga akui ada kelemahan, dalam tata pemerintahan belum menjangkau perubahan, karena organisasi pemerintah sangat luas. Tidak semua bisa terbina, ada yang puas dan tidak puas, ” ucapnya.

Sementara itu, Chairil Anwar memiliki kesan tersendiri, karena Edi Damansyah dan Sunggono pernah menjadi bawahan dalam satu bidang di Dinas. Tetapi sekarang mereka berdua menjadi orang besar.

“Sunggono jabat Plh Bupati, sedangkan Edi Damansyah sebentar lagi bakal dilantik menjadi Bupati Kukar periode 2021-2024 bersama Wabup Rendi Solihin,” pesannya. (hik)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top