METROPOLIS

Bupati Kutai Kartanegara Resmikan RT Sigap di Loa Kulu

Bupati Edi saat meresmikan RT Sigap di Desa Rempanga Loa Kulu. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah bersama Wabup Kukar Chairil Anwar, meresmikan RT Sigap. RT ini merupakan kepanjangan dari Santun Inisiatif Gesit Antisipatif dan Peduli di Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu, Selasa (16/2/2021) malam.

Edi yang menuju lokasi RT Sigap dengan menggunakan sepeda motor bersama Chairil Anwar. Edi memastikan RT Sigap bisa menjadi percontohan bagi RT yang lain, yang ada di Desa lainnya di 18 Kecamatan se-Kabupaten.

“Ini bisa jadi role model, sebagai RT Sigap yang harapannya mampu memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 dalam skala mikro, ” jelas Edi.

Edi yang per 17 Februari 2021 tidak lagi menjabat Bupati Kukar ini menambahkan, dirinya sempat melihat simulasi secara langsung. Bagaimana penanganan pencegahan Covid-19 yang dilakukan pihak pemerintah desa dan relawan Covid-19 yang ada di Rempanga.

“Saya sudah lihat, bagaimana ada warga yang terpapar, langsung ditangani oleh tim Satgas Covid-19, ” ucapnya.

Nantinya, program RT sigap akan dilakukan evaluasi secara rutin, RT mana yang berhasil berkontribusi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dirinya sangat mengapreasiasi pihak desa yang semangat membentuk RT sigap.

“Dalam hal pengelolaan RT sigap, anggarannya bisa diambil melalui Dana Desa (DD) atau Dana Kelurahan(DK),” papar Edi.

Selain meresmikan RT Sigap, dia juga mengumumkan beberapa UMKM yang komitmen menerapkan protokol kesehatan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Ada delapan kafe yang kita berikan penghargaan menerapkan prokes selama berusaha, ini juga menjadi role model bagi kafe dab warung yang lain untuk diikuti, ” tandasnya. (hik)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top