POLITIK

Wakil Rakyat Kaltim Soroti Jalan Longsor Diduga Akibat Tambang

Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji. (Foto : Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Wakil rakyat Kaltim menindaklanjuti longsor di Jalan Pattimura, Samarinda. Yang diduga disebabkan karena aktivitas pertambangan.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji mengatakan, pihaknya akan segera memanggil Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Kaltim.

Sebelumnya, Seno Aji yang mewakili DPRD Kaltim bersama Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kaltim, Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim serta Forkopimda telah meninjau longsor di Jalan Pattimura beberapa waktu silam.

“Dalam kesempatan tersebut, diputuskan bahwa Jalan Pattimura yang terdampak longsor akan ditutup total sementara. Penutupan akan berlangsung mulai hari ini sampai 10 Februari 2021 mendatang,” ungkap Seno, belum lama ini.

“Kami sudah anggarkan di tahun ini perbaikan jalan itu menggunakan APBD Kaltim yang berjumlah sekitar Rp 7 miliar,” sambungnya.

Seno menanggapi laporan masyarakat yang mengeluhkan longsor tersebut diduga karena adanya aktivitas pertambangan. Dia menegaskan kedepan pihaknya segera melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas ESDM Kaltim. Sehingga nantinya Dinas ESDM Kaltim diharapkan dapat memanggil perusahaan terkait.

“Rencananya kami akan menggelar RDP dengan ESDM beberapa hari ke depan. Sekaligus mengajak perusahaan tambang untuk ikut dalam RDP tersebut,” tegasnya.

Namun yang terpenting, Sekretaris Gerindra Kaltim itu berharap perusahaan tambang yang diduga menyebabkan longsor di Jalan Pattimura juga ikut andil dalam melakukan perbaikan jalan.

“Nanti kami minta jaminan reklamasinya (Jamrek). Tujuannya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat longsor,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top