POLITIK

DPRD Kaltim Terima Usulan Pembangunan RS Pendidikan

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya'qub. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Komisi IV DPRD Kaltim menerima kunjungan dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mulawarman (Unmul), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim dan Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit (RS) Abdul Wahab Syahrani, baru- baru ini. Kunjungan ini guna menindaklanjuti rencana pembangunan RS Pendidikan di Samarinda.

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya’qub mengatakan jika rencana pembangunan RS Pendidikan di Samarinda berawal dari keluhan mahasiswa Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi Unmul . Mereka kesulitan untuk melaksanaan koas.

Belum lagi di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini yang menjadi keterbatasan sarana dan prasarana RS Abdul Wahab Syahranie sebagai RS Pendidikan pertama di Samarinda.

“Dokter muda itu kan harus praktik. Apalagi kalau dia dokter gigi, maka dia harus cari pasien dan membiayai pengobatan pasien itu. Kemudian, dikenakan lagi biaya penggunaan sarana dan prasarana. Biasanya menggunakan tarif umum,” sebut Rusman, belum lama ini.

Melihat permasalahan itu, legislator dari Dapil Samarinda tersebut ke depannya akan mengundang Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT). Untuk membahas kerja sama dalam bidang pendidikan kedokteran.

“Kalau misalnya berbasis ke institusi, misalnya pihak beasiswa bekerja sama dengan FK Unmul, maka beasiswa bisa langsung di-drop ke fakultas. Mahasiswa tinggal kuliah saja. Tadi ada usulan itu,” terangnya.

Terpisah, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FK Unmul Dr dr Rahmat Bakhtiar menjelaskan jika hasil pertemuannya dengan Komisi IV DPRD Kaltim juga membahas tentang mahalnya biaya yang dibebankan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan koas di RS Abdul Wahab Syahranie.

Untuk mengantisipasi hal itu dirinya berharap agar RS Pendidikan gigi dan mulut di Samarinda segera rampung di tahun ini.

“Tahun ini mudah-mudahan jadi. Sekarang sedang dalam tahap pengajuan izin ke Dinkes Kaltim,” pungkasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top