POLITIK

DPRD Kaltim Bakal Tindak Lanjuti Pembuangan Limbah B3

Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin.

SAMARINDA, Kate.id – Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin akan menindaklanjuti laporan dugaan pembuangan limbah B3. Yang dilakukan salah satu perusahaan pertambangan di wilayah Separi, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Laporan tersebut diterima dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang mewakili pemilik lahan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, Jahidin menjelaskan jika aktivitas pembuangan limbah B3 tersebut telah terjadi sejak Juli 2020. Dia menegaskan Komisi I akan kembali melakukan tinjauan lapangan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH ) Kukar. Juga DLH Provinsi Kaltim.

“Tempo hari, Komisi I sudah ke lokasi dan meninjau langsung. Kala itu, di lapangan memang kami temukan dan betul terjadi pembuangan limbah B3,” sebut legislator asal Fraksi PKB tersebut, baru- baru ini.

Lanjut Jahidin, menurutnya aktivitas pembuangan limbah B3 di lingkungan masyarakat merupakan sebuah pelanggaran hukum. Berdasarkan Undang-Undang (UU) Pasal 103 UU Nomor 32/2009 menyebutkan bahwa setiap orang yang menghasilkan limbah B3 harus mengelola limbah yang dihasilkannya.

Secara terperinci, aktivitas tersebut masuk pada tindak pidana dan diatur dalam Pasal 59.

“Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 59, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 3 tahun. Kemudian denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 3 miliar,” tegas Jahidin.

Adapun dari permasalahan pembuangan limbah B3 di wilayah Separi akan diteruskan kepada DLH Kaltim. Untuk segera ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

“Proses hukum masih berlanjut. Nanti kami rekomendasi ke DLH Kaltim. Nanti dari DLH Kaltim yang menindak lanjuti. Kalau memang tidak ada win-win solution-nya, diproseslah sesuai peraturan,” pungkas Jahidin. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top