METROPOLIS

Kasus Covid-19 Melonjak Sepekan Setelah Kaltim Steril

Ilustrasi.

SAMARINDA, Kate.id – Sepekan setelah pemberlakuan Kaltim Steril pada Sabtu-Ahaf, 6-7 Februari 2021, kasus positif Covid-19 kembali melonjak pada Jumat (12/2/2021). Lonjakannya bahkan menjadi yang tertinggi dibanding tambahan kasus harian sepanjang pandemi Covid-19 berlangsung.

“Tambah 931 kasus positif Jumat kemarin. Itu sangat tinggi,” kata Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim Yudha Pranoto, Sabtu (13/2/2021).

Peningkatan drastis kasus positif ini tentu saja sangat mencemaskan di tengah upaya pemerintah untuk terus menekan angka penyebarannya. Kesadaran masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan penerapan protokol kesehatan 5M nampaknya harus terus dipacu agar penularan Covid-19 tidak semakin merajalela.

Satgas Provinsi lanjut Yudha, sangat mengapresiasi upaya keras yang dilakukan Satgas di kabupaten dan kota untuk dapat terus menekan penyebaran Covid-19. Dan di sisi lain mengupayakan ekonomi masyarakat tetap bergerak.

“Kami sangat mengapresiasi kerja-kerja Satgas di daerah. Mencegah penularan meluas, tapi tetap mengakomodasi apa yang menjadi keluhan masyarakat,” kata Yudha.

Di Bontang misalnya, mereka membentuk RT Siaga di daerah-daerah yang terdapat kasus positif. Sehingga mereka yang akan berperan aktif untuk memantau dan melaporkan ke tingkat atas.

Sementara Balikpapan akan mengadopsi penerapan PPKM Mikro seperti dilakukan di Jawa dan Bali.

Sedangkan di Kutim, mengingat tingginya kasus dari klaster perusahaan, Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang meminta perusahaan meniadakan cuti selama sebulan ke depan. Hal itu dilakukan untuk menghindari karyawan pergi ke luar daerah dan kembali membawa Covid-19. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top