METROPOLIS

Mantan Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh Tutup Usia

Yurnalis Ngayoh semasa hidup. (Foto: Humasprov Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Mantan Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh dikabarkan meninggal dunia, Senin (8/2/2021). Pria yang menjabat orang nomor satu di Bumi Etam itu wafat di usianya yang ke-78 tahun.

Pemerintah provinsi (Pemprov) dan sejumlah tokoh Kaltim pun menyampaikan ucapan duka atas kepergian Yurnalis.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Mengucapkan Turut Berduka Cita Sedalam-dalamnya Atas Wafatnya Drs. Yurnalis Ngayoh, MM Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Periode 2006 – 2008. Semoga segala amal ibadah dan pengabdian beliau diterima Tuhan YME, Keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan,” tulis akun Pemprov Kaltim.

Yurnalis yang lahir di Barong Tongkok, Kutai Barat (Kubar) 20 Agustus 1942, adalah Gubernur Kalimantan Timur tahun 2006-2008. Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (S1), Universitas Wijaya Putra Surabaya (S2), dan Universitas 17 Agustus Surabaya (S3) ini sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur Kaltim kemudian dilantik menjadi pelaksana tugas (plt.) Gubernur Kaltim pada 2007 menggantikan Suwarna Abdul Fatah. Hingga pada tanggal 10 Maret 2008 dilantik menjadi Gubernur Kaltim.

Sebelum menjadi Gubernur Kaltim, berbekal ijazah Sarjana Ekonomi UGM tahun 1967 Yurnalis Ngayoh meniti karier di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Samarinda selama enam tahun (1969-1975). Dari mulai berturut-turut sebagai Bendaharawan Rutin kemudian Pembantu Direktur III, Bendaharawan Proyek sampai Pembantu Direktur II/Sekretaris.

Kemudian Yurnalis dipindahtugaskan ke Kabupaten Paser. Di sana dia mendapat jabatan sebagai Sekretaris Wilayah (1975-1980) kemudian menjabat posisi yang sama namun pindah di daerah Tenggarong pada tahun 1980-1978.

Selanjutnya dia ditempatkan berturut-turut sebagai Kepala Biro Bina Bangda Sekwilda Kaltim, Pembantu Gubernur Kaltim wilayah selatan di Balikpapan, kemudian menjabat Asisten Ketataprajaan, Asisten Administrasi Pembangunan Sekwilda Kaltim hingga tahun 1999.

Setelah pensiun dari jabatan Gubernur Kaltim, ia diangkat menjadi anggota Dewan Komisaris PT Pupuk Kaltim pada 22 Juli 2009. Ngayoh menggantikan Tjutjup Suparna yang telah habis masa baktinya terhitung mulai tanggal 21 Juli 2009. Pengangkatan ini dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), di PT Pusri. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top