POLITIK

DPRD Kaltim dan Paser Duduk Bersama Bahas Pertanian

Ketua Komisi II DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Komisi II DPRD Kaltim menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama perwakilan dari Komisi III DPRD Kabupaten Paser di ruang rapat gedung E komplek DPRD Kaltim. Guna menindaklanjuti tentang pengembangan sektor pertanian dan peternakan di Paser.

Ketua Komisi II DPRD Katim Veridiana Huraq Wang mengatakan, jika perwakilan Komisi III DPRD Paser telah menyampaikan beberapa usulan. Di antaranya ingin mengakomodasi permintaan masyarakat terhadap pengadaan rumah potong hewan dan honorer tenaga penyuluh pertanian, dan juga peningkatan sarana dan prasarana pertanian.

Melihat usulan tersebut, Veridiana membeberkan jika bantuan keuangan (Bankeu) untuk Kabupaten Paser cukup besar. Meskipun Bankeu lebih banyak yang mengarah pada pembangunan fisik ketimbang sektor pertanian maupun peternakan.

“Sebenarnya secara umum bankeu kita itu cukup besar ke Kabupaten Paser, tetapi kalau dirincikan memang bankeu banyak ke arah pembangunan fisik. Sedangkan untuk masalah pertanian dan peternakannya sangat kurang secara infrastruktur,” terang Veridiana, Jumat (29/1/2021).

Dia juga mengaku jika potensi sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Paser sangat luar biasa. Dikarenakan Paser sendiri berdekatan dengan Ibu Kota Negara (IKN), maka Paser telah ditetapkan sebagai wilayah food estate.

“Kabupaten Paser ditetapkan menjadi food estate untuk menopang Kaltim secara umum tetapi secara khsusunya untuk IKN,” sebutnya.

Namun yang terpenting, menurutnya permasalahan di Kabupaten Paser saat ini banyak lahan pertanian yang menyusut karena diambil oleh pertambangan dan perkebunan. Dari masalah tersebut, secara tegas dirinya pun mendorong agar sarana dan para lahan pertanian dan peternakan di Paser bisa didukung.

“Kabupaten Paser punya lahan serta wilayah yang bisa dikembangka, tetapi perlu di support melalui sarana dan pra sarananya,” tandas Veridiana. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top