POLITIK

Semua Anggota DPRD Kaltim Bakal Terlibat Sosialisasi Perda

DPRD Kaltim Gelar Rapat Pembahasan Pelaksanaan Kegiatan Teknis Sosialisasi Perda. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – DPRD Kaltim menggelar rapat Pembahasan pelaksanaan kegiatan teknis sosialisasi Peraturan Daerah (Perda), Senin (25/1/2021). Dari hasil pembahasan tersebut, sebanyak 55 anggota DPRD Kaltim alias semua legislator nantinya turut berpartisipasi dalam melaksanakan sosialisasi.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan, pihaknya ingin lebih memastikan penerapan Perda dapat dipahami oleh masyarakat.

“Secara teknis, 55 anggota DPRD Kaltim akan turun langsung ke kelompok-kelompok masyarakat. Nantinya sosialisasi Perda ini tidak harus per Dapil,” ucap Samsun.

Samsun juga mengakui jika Perda memang perlu untuk disosialisasikan. Nantinya, seluruh anggota dewan dalam melaksanakan kegiatan tersebut akan didampingi oleh staf, tenaga ahli (TA) dan narasumber yang terkait.

“Nanti kami sampaikan semua. Yang pasti produk-produk hukum daerah akan kami sosialisasikan ke masyarakat. Supaya mereka tahu. Terkait narasumber, nanti berasal dari pihak terkait. Misalnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD Red.),” jelasnya.

Selain itu, kegiatan sosialisasi Perda boleh dilakukan oleh anggota dewan per Daerah Pemilihan (Dapil). Tetapi tidak menutup kemungkinan sosialisasi juga dilakukan di daerah lain yang bukan dapil anggota dewan.

“Jadi fleksibel saja selama itu wilayah Kaltim. Nanti tetap dikoordinasikan ke sekretaris dewan,” terang Samsun.

Dijelaskan, sosialisasi Perda seharusnya berjalan dibulan Januari ini. Namun hal itu baru akan terlaksana di Februari nanti dan direncanakan berjalan sebulan sekali.

“Seharusnya sudah mulai Januari ini. Tetapi karena harus diinventarisasi dan ditentukan titiknya dahulu baru akan terselenggara bulan Februari nanti,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top