POLITIK

Legislator Kaltim Dorong Tingkatkan Pendapatan Daerah di Luar Pertambangan

Sekretaris Komisi II DPRD Kaltim Bagus Susetyo. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Sekretaris Komisi II DPRD Kaltim Bagus Susetyo mendorong pemerintah untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor selain pertambangan. Menurutnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim harus memaksimalkan peran perusahaan daerah (perusda).

Kata Bagus, sumber pendapatan dari tambang ilegal tidak bisa dibenarkan.

“Sebenarnya terkait tambang ilegal ini kan jelas kita tidak ada toleransi. Apalagi kalau mereka cuma bayar fee ke PAD kan tidak bisa begitu. Karena itu sudah sesuatu yang salah dan tidak boleh dilegalkan,” sebut Bagus sapaan akrabnya.

Menurutnya hal itu harus di kembalikan kepada aturan yang ada. Apalagi melihat kondisi pendapatan daerah yang terus menurun karena salah satunya hanya bertumpu pada sektor pertambangan.

“Dengan kondisi yang sekarang bahwa pendapatan itu pasti akan berkurang. Sementara realisasi pajak hanya 60 sampai 70 persen saja. Sehingga akan me-refocusing lagi keterkaitannya dengan masalah Dana Bagi Hasil (DBH, Red.),” urai Bagus.

Legislator Fraksi Gerindra itu menyatakan, salah satu cara untuk bisa meningkatkan pendapatan daerah tentu harus meningkatkan PAD. Seperti contohnya meningkatkan peran perusda dan memaksimalkan retribusi dari sektor selain pertambangan.

“Termasuk Perusda itu harus kita tingkatkan lagi karena apa yang sudah kita setorkan kok feedback-nya rendah. Jadi melihat kondisi yang sulit seperti ini, kita harus mencari sumber pendapatan lain dari PAD,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top