METROPOLIS

Akun Facebook Sekda Kutai Kartanegara Diretas, Warganet Diminta Waspada

Sekda Kukar Sunggono.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Warganet Kutai Kartanegara (Kukar) diimbau untuk waspada. Pasalnya akun facebook, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono dikabarkan diretas pihak tak bertanggung jawab.

Akun dengan nama sunggonokasnu itu diretas dan disalahgunakan untuk meminta uang dengan berbagai alasan.

“Hati-hati kepada masyarakat Kukar, telah terjadi penipuan atas nama akun FB Sekda Kukar dengan sunggonokasnu,” jelas Laman resmi Bagian Humas dan Protokol dan komunikasi pimpinan Pemkab Kukar, Sabtu (23/1/2021) malam.

Modus yang sudah dilakukan dari akun Sunggonokasnu tersebut meminta dana dengan alasan tertentu. Seperti calon korban mendapatkan bantuan UMKM Rp 100 juta, tetapi harus mengeluarkan biaya pendaftarannya dahulu sebesar Rp 6 juta untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Bukti lainnya, modus saudara Sunggono sakit, pinjam uang Rp 15 juta lantas berdalih nanti dikembalikan Senin.

Pengumuman waspada akun Facebook palsu milik Sekda Kukar.

Akun Facebook Sunggonokasnu selaku pejabat Kukar sudah sering diretas untuk melakukan penipuan oleh orang tidak bertanggung jawab. Tercatat sudah tiga kali, akun sunggonokasnu diretas.

Imbauan Humas Pemkab, kepada masyarakat Kukar, agar berhati-hati. Jika ada akun menatasnamakan sunggonokasnu meminta bantuan dana, silakan menkonfirmasi lebih dulu ke bagian Humas Pemkab, untuk mencegah terjadi hal-hal yang merugikan masyarakat Kukar. (hik)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top