POLITIK

Legislator Kaltim Minta Dirut Perusda Mundur bila Tidak Komitmen

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listoyono. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Direktur utama (dirut) perusahaan daerah (perusda) yang tidak komitmen diminta untuk mundur. Permintaan ini diungkapkan Legislator DPRD Kaltim Nidya Listiyono.

Kata dia, proses seleksi dirut perusda di Kaltim harus melibatkan Komisi II DPRD Kaltim. Dirinya menegaskan bagi dirut perusda yang tidak komitmen maka harus bersedia mundur.

Mewakili Komisi II, legislator Fraksi Golkar itu meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim selaku pihak yang bertugas melakukan rekrutmen direktur perusda. Agar dapat memberikan rekam jejak bakal calon dirut kepada para wakil rakyat terlebih dahulu.

“Kami meminta dari bakal calon dirut perusda tentu bisa dibagikan ke Komisi II rekam jejak mereka,” sebut pria yang akrab disapa Tiyo tersebut kepada awak media, Senin (18/1/2021).

“Nanti dari hal itu kan bisa kami berikan masukan. Jangan nanti tiba-tiba pada saat sudah terpilih baru ke dewan dan minta duit. Ini yang juga kita kritisi sehingga ini menjadi catatan Asisten II Pemprov Kaltim,” tambahnya.

Selain itu, Tiyo juga ingin mengetahui susunan Tim Panitia Seleksi (Pansel) yang bertugas mejalankan proses rekrutmen tersebut. Hal itu ditujukan untuk lebih mendorong transparansi pada proses seleksinya.

“Di situlah pelibatan Komisi II untuk mendorong transparansi seleksinya. Jangan juga tiba-tiba sudah terpilih baru muncul,” tegasnya.

Namun yang terpenting menurut legislator asal dapil Samarinda tersebut adalah kompetensi dirut perusda. Sehingga ke depan pihaknya juga meminta para calon dirut menyampaikan business plan dan menjalankan fakta integritas.

“Yang jelas tidak ada lagi kita memilih orang yang tidak melihat sisi kapasitas dan kapabilitasnya. Saya minta mereka menyampaikan business plan ke Komisi 2 dan harus ada fakta integritasnya. Kalau secara integritas mereka tidak komitmen, maka mereka harus bersedia mundur,” pungkas Tiyo. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top