POLITIK

Jembatan Sungai Payang Bakal Dibangun Permanen

Anggota DPRD Kaltim, Pemkab dan DPRD Kukar, saat meninjau Jembatan Sungai Payang. (Foto: Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Jembatan Desa Sungai Payang Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang rusak berat akan diperbaiki secara permanen dalam jangka panjang. Sementara dalam waktu cepat akan dilakukan rehab berat saja, yang biayanya bersumber dari dana CSR perusahaan di Loa Kulu.

Hal tersebut diutarakan Ketua Komisi I DPRD Kukar Supriyadi saat meninjau lokasi. Menurut dia solusi jangka panjangnya akan dibangunkan jembatan secara permanen struktur pondasi beton, yang pembiayaan melalui APBD perubahan 2021 atau bisa juga melalui APBD murni 2022.

“Kami anggarkan untuk bangun jembatan permanen sebesar Rp 23 miliar, melalui APBD Kukar,” ucap Supriyadi, Kamis (21/1/2021) di Kantor Camat Loa Kulu.

Sedangkan untuk solusi cepatnya, perbaikan dilakukan mulai pekan depan, yang anggaran melalui CSR perusahaan. Dengan pola gotong royong, satu perusahaan mau bantu sesuai kesanggupan sehingga cepat selesai perbaikannya.

Salah satu anggota DPRD Kaltim yang hadir dan ikut meninjau Jembatan Sungai Payang yaitu Baharuddin Demmu mengatakan, bisa saja dilakukan usulan pembangunan dibantu melalui APBD Kaltim. Karena usulan kegiatan pembangunan melalui DPRD Kaltim untuk wilayah Kukar cukup besar tiap tahunnya.

“Kukar punya perwakilan sebelas orang yang duduk di DPRD kaltim. Silakan Pemkab dan DPRD Kukar lakukan komunikasi yang baik, untuk memperjuangkan pembangunan jembatan rusak tersebut,” ucap legislator PAN ini.

Rakor percepatan perbaikan jembatan rusak antara DPRD Kaltim bersama Pemkab dan DPRD Kukar di aula Kantor Camat Loa Kulu. (Foto: Hik/kate.id)

Mewakili Pemkab Kukar, Plt Asisten II Setkab Kukar Wiyono mengatakan dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Dinas PU Kukar. Terkait perencanaan dan kebutuhan biaya yang diperlukan, guna melaksanakan rehab berat jembatan tersebut, dan diperkuat melalui instruksi Bupati Kukar agar perusahaan mau membantu.

“Kalau hitungan sementara, kebutuhan dana perbaikan jembatan sekira Rp 400 juta, bisa saja nantinya saat dihitung secara seksama kebutuhannya bisa lebih dari itu. Dan semuanya akan ditanggung melalui dana CSR perusahaan,” ucap Wiyono, yang juga menjabat Kepala Bappeda Kukar ini.

Sementara itu Camat Loa Kulu Adriansyah sangat yakin rehab berat Jembatan Sungai Payang bakal sukses dilakukan. Karena dirinya pernah memfasilitasi kegiatan serupa bersama Bupati Edi Damansyah.

“Saya yakin bisa, karena kami pernah mengoordinasikan perusahaan, saat rehab berat jembatan di Desa Jembayan, yang juga pembiayaannya murni melalui CSR perusahaan,” pungkasnya. (hik)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top